Satu Untuk Semua

15 OPD Ikuti Bimbingan Maturitas SPIP

67

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Sedikitnya 15 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengikuti pelatihan dan bimbingan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di kantor Inspektorat Empat Lawang, Selasa (4/12).

Inspektur pada Inspektorat Empat Lawang Agusni Effendi melalui Inspektur Pembantu (Irban) Wilayah II Kabupaten Empat Lawang, Yunidi Nuzli kepada wartawan mengatakan, ada 15 OPD yang ikut pelatihan dan bimbingan dari BPKP Perwakilan Sumsel tentang Maturitas Sistem pengendalian Intern Pemerintahan (SPIP).

“Mulai dari hari ini (Selasa) sampai dengan Jumat kegiatan pelatihan bimbingan di kantor Inspektorat,” kata Yunidi.

Kegiatan tersebut lanjut Yunidi, dipimpin oleh Irban wilayah 1 Kabupaten Empat Lawang, Sumitro Sukma Bahagia. Menurut Yunidi, kegiatan seperti sangat penting diikuti oleh OPD karena berkaitan dengan pelayanan dan transparansi di tiap OPD.

Dijelaskan Yunidi, Pengertian Sistem Pengendalian Intern menurut PP Nomor 60 Tahun 2008 tentang SPIP adalah Proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

“Itulah kenapa penting kegiatan ini harus diikuti oleh semua OPD, termasuk juga di Kepala Bagian (Kabag) RSUD dan DPRD karena kaitan dalam pelayanan ada prosedur yang disepakati sehingga di OPD diharapkan bisa lebih baik lagi kedepannya dan transparan,” jelasnya. (HS-05)

Komentar
Loading...