21.138 Batang Pohon Tertanam

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : KRISMANTO/HARIAN SILAMPARI</div></small> <strong>TANAM : </strong> Bupati Mura, H Hendra Gunawan melakukan penanaman pohon dalam GM2 dan sepanjang tahun 2018 sedikitnya 21.138 pohon tertanam, Rabu (23/1).

Silampari Online,

MUSI RAWAS– Sedikitnya 21.138 batang berbagai pohon ditanam dalam Gerakan Musi Rawas Menanam (GM2) yang dikomandoi langsung Bupati Kabupaten Mura, H Hendra Gunawan. Dimana, pencapaian tersebut melampaui target yang sudah ditentukan.

Hal ini disampaikan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Hermerrudin didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencemaran (PP) dan Kerusakan Lingkungan (KLH), Endi Arfianto kepada Harian Silampari, Rabu (23/1) diruang kerjanya.

Dijelaskannya, bahwa untuk target program GM2 ditahun 2018 sebanyak 10 ribu batang pohon. Dimana, untuk realisasinya mencapai 21.138 batang atau 211,38 persen pohon yang telah tertanami.

“Memang untuk pencapaian GM2 melampaui target yang sudah ditentukan. Dimana, hal ini tidak lepas dari Bupati Mura, H Hendra Gunawan yang langsung mengkomandoi gerakan tersebut,”jelasnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa, untuk jenis tanaman pohon yang ditanami bermacam-macam diantaranya pohon tanjung, glodokan, bambang lanang, mahoni, gaharu, ketapang mini dan lain-lain yang tersbar di seluruh wilayah Mura mulai dari sekolah, perkantoran, puskesmas, ruang publik hingga poros jalan.

“Setelah berbagai jenis pohon ditanami maka kami melakukan pengawasan secara berkala sekaligus memantau agar pohon yang sudah tertanami dapat hidup atau berkembang,”terangnya.

Menurutnya, digulirkannya program GM2 ini sendiri bertujuan untuk menambah penutupan lahan gundul sekaligus menambah oksigen dan mengurangi pencemaran udara yang berhubungan dengan proklim penghijauan serta penyerapan air tanah.

“Melalui GM2 ini juga pada tahun 2018 Bupati mendapatkan penghargaan prokilm tingkat Nasional yang aktif melaksanakan program proklim daerah dan diserahkan langsung oleh Mentri LHK RI Siti Nurbaya,”paparnya.

Terlepas dari itu, disamping menargetkan 10 ribu kembali batang pohon yang akan ditanam. Maka pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat bilamana ada yang akan melakukan GM2 maka bisa mengambil bibit pohon yang telah disediakan oleh DLHD.

“Silahkan masyarakat datang kekantor untuk mengambil bibit pohon yang telah kami sediakan bilamana ingin melakukan penanaman dengan berbagai jenis pohon yang telah disediakan,”ungkapnya.

Sementara itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Aliudin mengapresiasi dengan pencapaian GM2 yang dikomandoi Bupati Mura, H Hendra Gunawan dalam upaya melakukan penghijauan untuk menjaga pelestarian lingkungan.

“Pada dasarnya GM2 ini sangat bermanfaat khususnya menjaga kelestarian lingkungan agar memperoleh oksigen yang bersih untuk keberlangsungan hidup sehari-hari,”pungkasnya. (HS-03)