Satu Untuk Semua

380 ODGJ Tersebar di Kecamatan

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di wilayah Kabupaten Empat Lawang masih tergolong tinggi. Data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Empat Lawang ada 380 ODGJ tersebar di 10 kecamatan di Kabupaten Empat Lawang.

Upaya pemeriksaan dan pengobatan terus dilakukan pihak Dinkes dan jajarannya. Terakhir 2 Januari 2019 lalu, pihak Dinkes mengunjungi beberapa ODGJ di Kecamatan Talang Padang.

“Kami turun lagi kemarin periksa ODGJ di Desa Talang Padang 1 orang, kondisinya stabil, hanya saja tidak ada yang jaga di rumah sehingga terpaksa diikat dengan rantai oleh pihak keluarga,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinkes Kabupaten Empat Lawang, M Junaidi, Kamis (10/1).

Selanjutnya, sambung Junaidi, di Desa Kembahang 1 orang, Desa Remantai 1 orang dan di Desa Ulak Dabuk 2 orang. Petugas tidak sempat memeriksa 1 ODGJ di Desa Ulak Dabuk karena kondisinya cukup parah.

“Yang lainnya sudah kami periksa dan kondisinya stabil. Kami juga sudah memberikan obat untuk terus diminum pasien. Keluarganya sudah kami berikan penjelasan mengenai pemberian obatnya,” ujar Junaidi.

Sedangkan untuk keseluruhan ODGJ yang berjumlah 380, kata Junaidi, rata-rata kondisinya stabil dan tetap rutin melakukan pengobatan. “Sudah kami berikan obat semua, sudah kami komunikasikan dengan keluarga supaya pemberian obat itu jangan stop,” tuturnya. (HS-05)

Komentar
Loading...