Satu Untuk Semua

Ada Air Terjun Obat Gatal-gatal dan Kolam Pemandian Isteri si Pahit Lidah di Muara Pinang

Silampari Online,

EMPAT LAWANG– Dinas Pariwisata Kabupaten Empat Lawang, terus melakukan pendataan sejumlah potensi wisata alam di Kabupaten Empat Lawang.Tak terkecuali yang lokasi terdekat dengan Tebing Tinggi sebagai Ibukota kabupaten ini, wilayah kecamatan terluarpun didatangi dan didata keberadaannya, untuk dijadikan destinasi wisata baru di wilayah kabupaten yang memiliki slogan Saling Keruani Sangi Kerawati tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Empat Lawang, Mgs A Nawawi mengatakan, baru-baru ini pihaknya mengunjungi dua potensi wisata alam di Kabupaten Empat Lawang. Keduanya kata Wawi, memiliki potensi yang luar biasa jika dikembangkan. Kedua potensi wisata tersebut kata dia, berada di Desa Sawah Kecamatan Muara Pinang.

“Ada namanya, air terjun Cughup Degian di Desa Sawah Kecamatan Muara Pinang. Tingginya sekitar 50 meter dengan potensi alam sekitarnya masih asri,” kata Wawi saat dibincangi Harian Silampari di Tebing Tinggi, Rabu (12/9).

Dikatakannya, berdasarkan cerita masyarakat sekitar, air terjun Cughup Degian, airnya berkhasiat mengobati penyakit gatal-gatal. Karena itu air terjun ini dapat direkomendasikan untuk pengobatan alternatif bagi penderita gatal-gatal, karena aliran air Sungai Degian, bermata air langsung dari bawah kaki Gunung Dempo.

“Air sungai Degian ini, mengandung belerang. Kalau kita cicipi, memang ada rasa belerang sangat baik untuk gatal-gatal untuk berendam di sana,” ujarnya.

TUNJUK : Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Empat Lawang, Mgs A Nawawi tunjukan kejernihan air di kolam pemandian Puyang Putri Mayang Sari, Desa Sawah Kecamatan Muara Pinang, baru-baru ini. Foto : Doc/Dispar Empat Lawang.

Lokasinya, lanjut mantan Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Empat Lawang tersebut, berjarak kurang lebih sekitar 2 kilometer dari Desa Sawah Kecamatan Muara Pinang. “Kalau jalan kaki, jarak tempuh kita cuma setengah jam,” imbuhnya.

Selain air terjun Cughup Degian, diapun menyebut di Desa Sawah Kecamatan Muara Pinang, ada kolam pemandian Puyang Putri Mayang Sari. Diketahui lanjut Wawi, Putri Mayang Sari merupakan isteri si Pahit Lidah, dari legenda rakyat Sumatera Selatan (Sumsel) yang cukup terkenal, si Pahit Lidah.

“Kolamnya memang tidak terlalu lebar. Hanya saja, airnya sangat jérnih dan menurut masyarakat sekitar, air di kolam itu tidak pernah kering dan tetap jernih meski dalam musim kemarau panjang,” jelasnya.

Jika lokasi Cughup Degian berjarak sekitar 2 kilometer dari Desa Sawah Kecamatan Muara Pinang, kata Wawi, kolam pemandian Puyang Putri Mayang Sari, hanya berjarak sekitar 50 meter dari desa tersebut. “Sangat mudah dijangkau dan kedepan akan kita dorong dan suport pemerintah desa setempat untuk mengembangkan potensi wisata alam tersebut,” tukasnya. (HS-05)

Komentar
Loading...