Aktifkan Poskamling

    46
    Advertisement

    Silampari Online,

    LUBUKLINGGAU – Kapolres Lubuklinggau, AKBP Dwi Hartono bakal menggandeng perusahaan yang menjadi mitra kepolisian seperti BUMN, swasta dan instansi dalam hal keamanan lingkungan dan kenyamanan lingkungan.

    “Mereka mau aman. Dan mereka tidak bisa menjaga kantornya setiap saat. Tapi dengan adanya CCTV, mungkin mereka lebih terasa aman,” ungkapnya.

    Kata Dwi, rencananya pusat kendali CCTV akan ada di Polres Lubuklinggau. Dan Pemkot Lubuklinggau juga sudah menyampaikan bahwa dijalan-jalan akan digelar CCTV.

    “Pak Wali juga sudah menyampaikan, dijalan-jalan itu akan digelar juga CCTV. Kita akan panggil lagi mitra kita untuk masalah CCTV,” ujarnya.

    Walaupun ada CCTV namun itu semua juga terbatas. Intinya, berharap masyarakat agar mengaktifkan Poskamling di masing-masing lingkungan pemukiman tempat tinggal. Ini langkah cepat.

    Lebih lanjut, ia mengatakan Poskamling merupakan syarat utama kalau memang mau aman dari pencurian. Pihak Polres nantinya akan membina beserta tiga pilar yakni Babinkamtibmas, Lurah dan Babinsa.

    “Nanti saya juga akan rutin keliling nanti. Insya Allah, saya akan datangi nanti Poskamling-Poskamling,” ucapnya.

    Dwi menambahkan, jumlah ideal Poskamlimg disetiap RT sebenarnya tergantung dengan kebutuhan. Jika pemukimannya padat, maka satu RT hanya satu Poskamling. Sebaliknya, jika pemukimannya jarang, maka bisa lebih dari satu RT satu poskamling.

    “Intinya sesuai dengan kebutuhanlah. Masyarakat yang tahu, masyarakat sendiri yang tahu dia harus mendirikannya berapa berapa blok atau berapa RT. Satu poskamling atau berapa, masyarakat yang tahu,” pungkasnya.(HS-01)