Anggota TNI/MLM Fogging Pakai Serai Wangi. Apa Hasilnya

Silampari Online, LUBUKLINGGAU-Menjelang lebaran Idul Fitri, anggota Kodim 0406/MLM melaksanakan berbagai bhakti sosial, salah satunya memfogging (pengasapan). Korp baju loreng ijo itu memfogging di daerah rawan terkena DBD, yakni Kelurahan Jawa Kanan SS, Kecamatan Lubuklinggau Timur II.

* Acara Fogging itu dilaksankan Minggu (26/5), dihadiri langsung Dandim 0406/MLM, Letkol Inf A’an Setyawan,S.Sos.,M.I.Pol., Pendim 0406/MLM, Danramil 406-08 /LLg, Babinsa Se – Kota Lubuklinggau, Ketua dan Anggota FKPPI, PPM, Pramuka, Insan Pers dan Lurah Jawa Kanan SS, Ketua RT. 5, 6 dan 10 Jawa Kanan SS serta Masyarakat Jawa Kanan SS.

Muhammad Lurah Jawa Kanan SS mengucapkan terima kasih atas kepedulian TNI AD dari Kodim 0406/MLM beserta Danramil 406-08/Llg, yang melaksanakan Louncing Fogging berbahan bebas Kimia.
“Kami sebagai warga masyarakat di Kelurahan Jawa Kanan SS sangat berterima kasih kepada seluruh jajaran dari TNI AD,” ungkapnya.

Danramil 406-08/Kota Lubuklinggau Kapten Inf Well Edwar Roni, menyampaikan, pihaknya mempunyai program alat untuk Pembasmi nyamuk pembawa virus dengue, yaitu Aedes aegypti. Namun pengasapan kali ini berbeda dengan sebelumnya, yakni menggunakan bahan alami jadi aman bagi kesehatan serta beraroma harum sesuai dengan namanya Foging Serai Wangi. Jik dari Dinas Kesehatan, fogging sangat mudah dan gampang dilaksanakan sendiri oleh masyarakat dengan biaya tidak lebih dari Rp 200 ribu. “Bahannya pun gampang ada di Kota Lubuklinggau tersedia,” ungkapnya.

Lain hal yang disampaikan Sertu Adi Susanto Batiops Dim 0406/MLM, selaku pembuat Ide Foging Ramah Lingkungan Berbahan Alami serta biaya yang sangat murah dan gampang didapat. Adi, memperkenalkan Alat Foging baru yang berbahan sederhana tapi bisa membasmi nyamuk untuk 1 RT, dengan bahan menggunakan Serai Wangi yang berasal dari Kebun Walikota Lubuklinggau H.SN.Prana Putra Sohe.
Sambung Adi, manfaat dari Foging berbahan Serai Wangi ini yaitu tidak membuat kulit gatal dan alergi, tidak pedih di mata dan bebas bahan kimia. Tidak seperti Foging umumnya serta beraromah yang sangat wangi. Dimusim Panca Robah saat ini membuat endapan dan jentik nyamuk meningkat.
“Kita mempromosikan ke masyarakat terkhusus hari ini Louncing Perdana di Kelurahan Jawa Kanan SS Kecamatan Lubuklinggau Timur II,” ungkapnya. (HS-08)