Satu Untuk Semua

Aparat Vs Warga Nyaris Bentrok

795

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Nyaris saja terjadi bentrok antara aparat gabungan Polres Empat Lawang dengan warga yang diduga dari salah satu desa dalam wilayah Kecamatan Muara Pinang, di Desa Batu Junggul dalam wilayah kecamatan yang sama, Rabu (5/12). 

Beruntung bentrokan dapat dihindari dan hingga berita ini naik cetak, kondisi sudah kembali kondusif dan kerumunan warga sudah tidak ada lagi.

Informasi yang berhasil dihimpun, kejadian bermula saat aparat gabungan Polres Empat Lawang, mendatangi lokasi yang diduga ada kegiatan penanaman ganja di Talang Macang Manis Desa Batu Junggul, Kecamatan Muara Pinang.

Saat aparat tiba di lokasi yang diduga kebun ganja tersebut, aparat berhasil mengamankan sekitar 11 batang pohon ganja di salah satu lahan perkebunan milik warga dan berhasil menangkap salah seorang warga yang berasal dari salah satu desa dalam wilayah Kecamatan Muara Pinang, yang diduga pemilik batang ganja tersebut.

Kabar penangkapan tersebut didengar oleh warga sekitar termasuk warga asal desa terduga yang berhasil diamankan tersebut. Alhasil, ratusan warga langsung melakukan penghadangan terhadap aparat yang hendak membawa terduga pemilik pohon ganja berikut barang bukti tersebut, karena terprovokasi oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Aparat gabungan yang tidak ingin mengambil risiko bentrokan, terpaksa melepaskan terduga pemilik pohon ganja. Namun barang bukti ganja sebanyak satu karung berhasil diamankan dan berhasil dibawa ke Mapolres Empat Lawang.

Camat Muara Pinang, Junaidi Amin mengakui adanya kejadian tersebut dan dia memastikan kondisi pasca kejadian tersebut, di lokasi kejadian sudah berangsur normal dan warga sudah membubarkan diri.

Hanya saja, dirinya belum dapat merinci kronologis kejadian, karena belum mendapat laporan lengkap dari Kepala Desa (Kades) Batu Junggul, lokasi nyaris terjadinya bentrok tersebut. “Kejadiannya memang ada, tapi kini sudah kondusif,” kata dia.

Dijelaskannya, lokasi nyaris terjadinya keributan antara aparat dengan warga memang berada di Desa Batu Junggul, Kecamatan Muara Pinang. Namun terduga pelaku penghalang-halangan aparat saat hendak membawa terduga berikut barang bukti ganja, bukan warga Desa Batu Junggul. 

“Saya hanya katakan kejadian itu memang ada, tapi secara spesifik, saya kurang jelas bagaimana kronologisnya. Nanti bisa tanyakan langsung dengan pihak kepolisian,” ujarnya.

Disisi lain, hingga berita ini naik cetak, belum ada keterangan resmi dari pihak Polres Empat Lawang, terkait insiden ini. (HS-05)

Komentar
Loading...