Bangub Cair pada Triwulan Keempat

89
Advertisement

Silampari Online,

MUSI RAWAS– Sedikitnya 186 Desa yang ada di Bumi Lan Serasan Sekentenan tahun ini akan menerima dana Bantuan Gubernur (Bangub) sebesar Rp 25 juta setiap Desanya. Kemungkinan besar bantuan ini akan dikucurkan pada triwulan keempat atau November mendatang.

Hal ini disampaikan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Musi Rawas (Mura), H Mefta Jhoni melalui Kasi Pembinaan dan Penataan Aset Desa, Petrus kepada Harian Silampari, Jum’at (12/4) di ruang kerjanya.

Dijelaskannya, untuk kucuran bangub tahun ini masih menunggu petunjuk tekhnis (juknis) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel). Namun, kendati begitu untuk draft petunjuk pelaksanaan penggunaan sudah ada.

“Kemungkinan bantuan ini akan dicairkan pada TW IV yakni di Oktober, November atau Desember mendatang,” jelasnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, untuk besaran dana ini sendiri setiap Desa akan menerima Rp 25 juta. Penggunaannya sebagian besar direalisasikan bidang pemberdayaan masyarakat dan sarana prasarana kantor Desa.

“Untuk penggunaan bangub ini sudah dimasukkan dalam Anggaran Pembangunan Belanja Desa (APBDes),”terangnya.

Menurutnya, untuk dana bangub ini direalisasikan beberapa kegiatan diantaranya kegiatan TP PKK sebesar Rp 5.000.000, kepemudaan dan olahraga Rp 5.000.000, posyandu Rp 5.000.000 dan pemeliharaan dan pengadaan sarana dan prasarana Rp10.000.000.

“Intinya bilamana bangub ini sudah dicairkan maka kucurannya akan langsung ditransper ke rekening Desa masing-masing,” ungkapnya.

Sementara itu, Penjabat Kepala Desa (Pj Kades) Muara Beliti Baru Kecamatan Muara Beliti, Zakaria mengakui sangat terbantu dengan adanya bangub ini terutama dalam menunjang kegiatan PKK, kepemudaan dan olahraga serta sarana prasarana kantor.

“Pada dasarnya untuk kegiatan PKK, karang taruna sudah dianggarkan dalam alokasi dana desa (ADD). Namun, dengan adanya tambahan dari bangub ini maka akan mensuport kegiatan tersebut agar dapat lebih maksimal,” pungkasnya. (HS-03)