Satu Untuk Semua

Bawaslu Segera Tertibkan APK Caleg

10

Silampari Online,
PRABUMULIH
– Batas akhir imbaua penurunan sendiri Alat Peraga Kampanye (APK) calon legislatif (caleg), telah berakhir, kemarin (10/10).

Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) akan segera bertindak menertibkan APK Caleg telah terpasang di sepanjang jalan kota ini. Lantaran, sudah melanggar aturan PKPU No 35/2018 tentang kampanye pemilu.

“1-2 hari ke depan, apabila masih terpasang APK caleg akan diturunkan paksa. Karena, aturannya sudah jelas dan imbauan atau peringatan sudah kita berikan,” aku Ketua Bawaslu, Herman Julaidi SH dikonfirmasi, kemarin (10/10). Ungkapnya, Bawaslu telah berkordinasi dengan KPU dan Sat Pol PP serta pihak terkait lainnya. Ia pun tengah menjadwalkan, melakukan penertiban bersama. Apalagi, kata dia sebelumnya parpol telah diberikan imbauan.

“Agar calegnya menertibkan APK sendiri. Paling lambat minggu depan, penertiban sudah dilakukan,” ujarnya. Sementara itu, Ketua KPU, M Takhyul Hamid SIP menerangkan, sudah melakukan kordinasi dengan Bawaslu soal penertiban APK caleg. Lantaran, hanya parpol, anggota DPD, dan capres boleh memasang APK. “Itu ranah atau kewenangan Bawaslu, masalah penertiban APK caleg. Kita sifatnya hanya kordinasi saja, waktu dan pelaksanaan penertiban APK caleg. Tinggal Bawaslu menjadwalkannya,” bebernya.

Takhyul juga menerangkan, parpol sendiri telah diminta untuk menertibkan APK calegnya. Karena, boleh pasang APK adalah parpol dan bukan caleg. “Sudah jelas caleg bukan peserta pemilu. Lebih baik turunkan sendiri ketimbang ditertibkan,” pungkasnya. (PP)

Komentar
Loading...