BD-Kurir Edarkan Sabu di Pasar Pagi

35

hariansilampari.co.id – Polsek Gelumbang, Polres Muara Enim, Sabtu dini hari lalu (9/2), sekitar pukul 01.00 WIB berhasil mengungkap kasus peredaran narkoba di Pasar Pagi Gelumbang.
 
Dalam pengungkapan kasus tersebut, awalnya terduga pengedar narkoba, Andi Anggara Putra (21), warga Desa Suka Menang, Kecamatan Gelumbang berhasil diamankan petugas.
 
Kronologis penangkapan dihimpun dari jajaran Polsek Gelumbang, Sabtu lalu, 9 Februari, sekitar pukul 00.30 WIB, anggota  Polsek Gelumbang menerima informasi dari masyarakat tentang akan adanya seseorang yang membawa narkotika menuju ke Gelumbang dengan menggunakan sepeda motor. Setelah mendapatkan informasi  tersebut, Anggota Polsek Gelumbang langsung menunggu untuk melakukan penghadangan di Pasar pagi Gelumbang.
 
Sekitar setengah jam menunggu, akhirnya anggota Polsek Gelumbang bertemu dengan target tersebut. Sehingga, langsung dilakukan penangkapan terhadap seseorang yang mengendarai sepeda motor Honda Scopy. Belakangan, diketahui bernama Andi Anggara Putra dan pada saat di lakukan penggeledahan di temukan 2 paket kecil narkotika jenis sabu yang di simpan pelaku di dalam saku  jaketnya.
 
Kapolres Muara Enim, AKBP Afner Juwono SIk SH MH dikonfirmasi melalui Kapolsek Gelumbang, AKP Indrowono SH membenarkan penangkapan pengedar narkoba. Selanjutnya, pengendara sepeda motor Honda Scopy tersebut pun langsung di amankan ke polsek gelumbang untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.
 
“Pelaku dijerat Pasal 114 dan 112 UU RI No 35/ 2009 tentang narkoba dan psikotroika. Barang bukti diamankan dari tangan pelaku, 2 (dua) paket kecil sabu. Lalu, 1 buah handphone OPPO, dan 1 unit sepeda motor Honda Scopy. Ancaman penjara, minimal 5 tahun,” terangnya kepada koran ini, kemarin (10/2).
 
Tidak ingin kehilangan pemasok Andi, anggotanya pun melakukan pengembangan. Dan, hasil intograsi didapat nama Irwin (31), warga Dusun II Desa Teluk Limau, Kecamatan Gelumbang, sekitar pukul 09.00 WIB.
 
Irwin sendiri, kata dia, ditangkap di dusunnya. Selanjutnya, disaksikan Sekdes dan istri pelaku melakukan pengeledahan di rumah Irwin. Sejam digeledah di rumahnya, dipimpin langsung oleh Kapolsek Gelumbang didampingi anggotanya berhasil mengamankan 1 buah dompet di jaket milik Irwin.
 
Lalu, akunya setelah dibuka ternyata terdapat 3 paket kecil sabu dengan berat sekitar 0,91 gram. 2 paket sedang berat sekitar 1,51 gram dan 0,51 gram, 1 buah jaket kulit warna hitam, 1 buah handphone merk Nokia, dan uang sebesar Rp 400 ribu.
 
“Untuk pelaku Irwin jerat Pasal  114 jo 112 ayat 1 UU RI Nomor 35/2009 sebagai Bandar alias BD narkoba. Ancamannya, jauh lebih berat dari Andi selaku kaki tangannya,” pungkasnya.
 
Ungkapnya, kasus ini sendiri terus dikembangkan dan kini tersangka dan barang bukti telah diamankan untuk proses hukum selanjutnya. “Proses hukumnya, masih berjalan dan terus dilakukan pengembangan,” tandasnya. (03)