Belum Tentukan Bantuan Parpol

  • Whatsapp
Ilustrasi (Google Image).

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Empat Lawang belum menentapkan besaran nilai bantuan Partai Politik (Parpol). Hal tersebut dikarenakan sampai saat belum ada keputusan dari KPU terkait anggota Dewan terpilih dari Parpol.

Kepala Kesbangpol Empat Lawang, Dr Agusni Effendi melalui Kabid Politik, Ridho Octaviano mengatakan hal tersebut. Menurutnya, apabila sudah ada keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) baru bisa ditentukan atau bayangannya, mengingat saat ini masih dalam proses sengketa Pemilihan Legislatif (Pileg) di MK bahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menetapkan atau mengumumkan nama-nama anggota dewan terpilih.

“Sebelum ada sengketa ini kita sudah ada bahannya jumlah suara parpol namun setelah ada sengketa kita belum bisa memprediksi karena tunggu keputusan MK,” ungkap Ridho kepada wartawan, Selasa (9/7/2019).

Masih dikatakan Ridho, dana bantuan Parpol dibagi dalam dua tahap, tahap pertama sudah ke masing-masing Parpol sedangkan yang belum ini dana bantuan parpol tahap kedua dan seterusnya karena Kesbangpol belum mengetahui jumlah suara yang masuk di partai tersebut.

“Kita juga tidak tahu jumlah suara maupun parpol nanti dibantu dana bantuan, namun yang jelas kita masih menunggu Informasi dari KPU maupun Bawaslu,” jelasnya.

Untuk dana bantuan parpol tahap pertama tidak jadi ada kendala karena masih berpatokan dengan suara Parpol yang sebelumnya sedangkan tahap kedua dan seterusnya di 2020 mengikuti jumlah suara pada Pileg 2019.

“Besaran jumlah persuara masih Rp 7.650 dikali jumlah suara parpol,” tukasnya. (HS-05)

banner 468x60