Satu Untuk Semua

Berikan Kemudahan Wajib Pajak, Tempatkan Petugas di Desa  

66

Silampari Online,

MUSI RAWAS– Upaya memberikan kemudahan bagi wajib pajak untuk melakukan transaksi pembayaran pajak roda empat maupun dua direncanakan akan ada penunjukkan petugas samsat Desa. Dimana, dengan adanya petugas tersebut tentunya dapat menghimpun ketika warga membayar pajak tanpa harus kekantor. “Untuk tahun ini Kepala Badan Pajak Provinsi merencanakan guna melakukan kerjasama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) mengenai penunjukkan petugas samsat Desa,”jelas Kepala Unit Pelaksan Teknis (KUPT) Samsat Kabupaten Musi Rawas (Mura), Edisiswaya kepada Harian Silampari, Senin (12/3) diruang kerjanya.
Lebih lanjut dirinya menjelaskan, adanya petugas samsat Desa ini untuk memfasilitas bagi wajib pajak yang ingin membayar nanti dihimpun oleh petugas Desa yang sudah ditunjuk. Sehingga, dengan begitu mereka tidak harus kekantor melainkan cukup melalui petugas Desa tersebut. “Kalau untuk satu berkas nantinya petugas Desa bisa mendapatkan isentif minimal Rp7500 dan bisa menjadi pendapatan Desa,”terangnya.
Mengenai target pendapatan penerimaan pajak daerah tahun ini sendiri. Maka mantan Kepala Samsat Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) ini mengakui sebesar Rp46.327.100.000. Sedangkan, untuk pencapaian terhitung Februari sudah 17.13 persen atau sebesar Rp7.935.715.405 dari 5-6 ribu unit kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang membayar pajak.
“Untuk pendapatan penerimaan pajak daerah ada empat sektor. Dimana, untuk pencapaiannya hingga Februari antara lain pajak kendaraan bermotor (PKB) sebesar Rp3.845.111.775 dari target Rp21.970.000.000 dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) Rp4.011.132,300 dari target Rp24.070.000.000, PKB dan BBN Rp43 juta dari target Rp198 juta serta terakhir PAP Rp35.987.075 dari target Rp79.400.000,”bebernya.
Menurutnya, dari pencapaian dua bulan tentunya sudah cukup baik. Karena minimal setiap bulan pendapatan harus mencapai 8,5 persen. Sehingga, bila tercapai maka untuk target kemungkinan bisa over.
“Untuk upaya kita mencapai target disamping terus sosialiasi juga dengan menggelar razia aparat kepolisian, Dishub maupun pihak terkait untuk menjaring kendaraan yang belum bayar pajak dengan dilakukan penilangan,”paparnya.
Kemudian, untuk upaya lain dalam meningkatkan pendapatan pihaknya juga gencar mengoperasikan samsat keliling (Samling) dan Samsat Desa (Samdes) di Kecamatan Tugumulyo. Bahkan, setiap hari masyarakat yang membayar pajak dengan memanfaatkan pelayanan tersebut bisa mencapai 20 wajib pajak.
“Kita menghimbau kepada masyarakat khususnya bagi wajib pajak apabila ingin melakikan transaksi pembaayaran hendaknya langsung ke loket yang tersedia disamping pelayanan samling ataupun samdes. Sehinggan dengan begitu dapat terhindar calo,”ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Muara Rengas Kecamatan Muara Lakitan, Yudi Suarsa menyambut baik dengan adanya rencana penunjukkan petugas samsat Desa. Apalagi, jarak Muara Rengas dengan Kantor Samsat juga jauh.
“Pada dasarnya kami siap adanya rencana kerjasama penunjukkan petugas samsat Desa. Sehingga, disamping membantu masyarakat tentunya isentif setiap berkas pembayaran bisa menjadi PADes,”pungkasnya. (HS-02)

Komentar
Loading...