Bapetarum Bantu Uang Muka Perumahan

Posting : Administrator Dibaca : 531 pembaca



LUBUKLINGGAU- Kabar gembira bagi PNS Kota Lubuklinggau yang belum memiliki rumah. Soalnya, Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan (Bapetarum) Provinsi Sumatera Selatan membuka peluang kepada PNS dan developer Lubuklinggau untuk penyaluran bantuan uang muka perumahan.

Hal ini diungkapkan Sub Divisi Administrasi Pengelolaan Data PNS Bapetarum, Lucy Arfiansyah, kepada Harian Silampari, Senin (8/4).

Menurutnya program ini ditujukan bagi PNS golongan I hingga golongan III dengan besar pinjaman dan masa pembayaran telah ditentukan. Hingga saat ini perbankan yang bekerjasama dengan Bapetarum baru Bank Tabungan Negara (BTN).

Tapi sayangnya hingga sekarang PNS Lubuklinggau belum bisa menikmati program pinjaman uang muka perumahan tersebut. Pasalnya pengajuan dan rekomendasi masih terbilang sedikit.

“Hingga saat penyerapan Bapetarum untuk Lubuklinggau belum ada, sebab pengajuan masih sedikit dan rekomendasi belum diberikan, karena masih dalam tahap pengecekan. Tapi diperkirakan rekomendasi yang telah diajukan beberapa PNS akan segera dikeluarkan di bulan ini,” ungkapnya.

Program total bantuan uang muka perumahan ini diberikan sebesar RP 15 juta dengan bunga 6 persen pertahun ditujukan untuk golongan I hingga III. Sedangkan untuk masa pelunasan maksimal lima tahun.

“Bunga yang diberikan fix alias tak mengalami perubahan hingga masa peluanasan,” ucapnya.

Bantuan diberikan untuk golongan I sebanyak Rp 1,2 juta, golongan II Rp 1,5 juta dan golongan III Rp 1,8 juta. Jadi pinjaman yang diberikan disesuaikan dengan banyaknya bantuan.

Sedangkan untuk proses pengajuan dilakukan melalui bank pelaksana yang telah bekerjasama dengan BAPERTARUM dalam hal ini BTN.

“Berkas dokumen pengajuan Bantuan Uang Muka (BUM) dan telah dilengkapi PNS diajukan bersamaan dengan proses pengajuan KPR ke bank pelaksana dan  pelaksana akan mencairkan dana BUM setelah menyetujui permohonan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan tambahan BUM diajukan PNS,” terang Luky. (HS-06)





0 Komentar


Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh