Bencana Alam Akibat Ulah Manusia

Posting : Administrator Dibaca : 1501 pembaca

MUSI RAWAS- Dilihat melalui perspektiv keagamaan (Islam), terjadinya bencana alam tidak lepas dari perbuatan manusia itu sendiri, terutama mereka yang telah meninggalkan dan melupakan ajaran agama.
Demikian diungkapkan Kepala Kemeterian agama Kabupaten Musi Rawas, Subrata saat dikonformasi Harian Silampari, Senin (18/2). Menurutnya setiap bencana merupakan peringatan yang diberikan oleh tuhan terhadap umatnya agar mampu mengkoreksi diri terhadap semua perilaku yang telah dibuat oleh manusia.
“ Jika dalam suatu daerah ada yang berbuat maksiat, maka bencana yang diturunkan tidak hanya kepada orang yang berbuat tersebut. Tetapi seluruh masyarakat akan juga ikut merasakannya, inilah salah satu bentuk peringatan dan cobaan diberikan oleh tuhan yang harus kita pahami apa yang menjadi latar belakang terjadinya bencana ini,” tambahnya.
Selain itu, tindak kerakusan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya terkadang dilakukan melampaui batas, sehingga hutan-hutan yang seharusnya menjadi filter air dan penahan dari bencana banjir justru digunduli untuk memenuhi tingkat nafsu manusia yang tidak pernah kunjung bisa terpuaskan. Rusaknya hutan tentu akan menghilangkan area serapan air, sehingga air yang turun melalui hujan langsung menuju pemukiman penduduk dalam bentuk bencana banjir.
Sebagai Negara dengan penganut agama islam hampir 90 persen, ternyata hanya 8 – 14 persen saja masyarakat Indonesia yang mengaku beragama islam paham dan menjalankan ajaran agama islam secara baik dan benar. Sisanya terbagi dalam dua golongan, yakni mereka yang tahu dan paham tentang ajaran agama islam tetapi tidak mau menjalankannya dengan baik dan benar, dan mereka yang memang benar-benar tidak mengetahui ajaran tersebut.
“ Ini kondisi yang sangat miris, mengingat dengan jumlah muslim sebagitu besar, hanya segelintir saja yang memang mengamalkan ajaran agama islam dalam kehidupan sehari-hari. Wajar jika kita terus diberikan cobaan melalui bencana yang tiada henti sebgai bagian dari peringatan dari sang pencipta, seharusnya semua bencana ini mampu membuat kita untuk instropeksi diri dan berubah menjadi lebih baik,” tambahnya.(HS-05)

0 Komentar


Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh