Pengisian DPRD Muratara, Tunggu Petunjuk KPU Pusat

Posting : Administrator Dibaca : 1488 pembaca

MUSI RAWAS-Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas, Novriansyah berpendapat bahwa anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk wilayah Daerah Otonomi Baru Musi Rawas Utara (DOB Muratara) akan diambil dari hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014.

“Kita belum tahu berapa jumlah pasti kursi DPRD untuk DOB Muratara, namun jumlahnya berkisar antara 15 hingga 30 orang. Calon Legislatif (Caleg) dari wilayah Muratara yang terpilih akan kembali ke daerah asal,” jelasnya saat dikonfirmasi Harian Silampari, Selasa (25/6).

Dirinya mencontohkan jika benar kuota kursi DPRD Muratara sebanyak 30 orang, maka 15 orang dari daerah asal Muratara sesuai dengan jumlah kursi dari wilayah tersebut akan bertugas Muratara.

Untuk menggenapinya menjadi 30 kursi maka akan dilihat dari jumlah pembagi daerah pemilihan (Dapil) Muratara, dari sana akan terlihat 15 kursi.

Sementara itu untuk 15 kursi yang ditinggalkan dan kosong di DPRD Kabupaten Musi Rawas akan diisi oleh Dapil yang bersinggungan, dirinya mencontohkan untuk Dapil VI yang terdiri dari Kecamatan Rawas Ilir, Rawas Ulu, Nibung, dan Ulu Rawas akan digantikan dengan Dapil II Kecamatan Muara Kelingi Muara Lakitan, dan Tuah Negeri yang bersinggungan dengan Dapil VI.

Sementara itu untuk kekosongan anggota DPRD Kabupaten Musi Rawas dari Dapil V yaitu Kecamatan Karang Jaya, Karang Dapo, dan Muara rupit, akan digantikan oleh Caleg dari Dapil IV yakni Kecamatan STL Ulu Terawas, Selangit, tugumulyo, dan Sumber Harta.

“Namun ini hanya reka-reka sementara saja, keputusan pasti tentu menunggu petunjuk dari KPU Pusat atau KPU Provinsi sumatera Selatan,” tambahnya.

Sementara itu, salah seorang anggota DPRD Musi Rawas Dapil Muratara, Ruslan menyikapi penempatan anggota DPRD Muratara harus disesuaikan dengan aturan berlaku. Jangan sampai pengalokasian wakil rakyat terjadi konflik horizontal. “Kita prediksi ada 15 anggota dewan dapil Muratara akan pisah setelah pelantikan di DPRD Musi Rawas,” jelasnya.

Permasalahnya, jika kuota  anggota DPRD Muratara masih kurang tentu akan diambil perolehan suara dibawah peringkatnya. Namun untuk pastikan, menunggu keputusan KPU. “Nah, bagimana dengan Musi Rawas dengan jumlah penduduk berkurang, apakah masih menambah jumlah dewannya. Jika menambah, si dewan memawakili dapil mana,” terang M Ruslan.

Diakui Ruslan, penempatan dewan di DOB Muratara masih cukup panjang proses. Yaitu, setelah dilantik di DPRD Musi Rawas masih menunggu proses adminitrasi selama empat bulan lebih. “Prosesnya masih lama untuk pengisian anggota dewan,” pungkasnya. (HS-05)

 

0 Komentar


Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh