Pembinaan Guru PAI Sekolah Umum Hak Kemenag

Posting : Administrator Dibaca : 1219 pembaca

MUSI RAWAS- Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) rencanya akan mengambil alih pembinaan guru Pendidikan Agama Islam (PAI)  disekolah  umum dimana hingga saat ini pembinaanya masih dibawah naungan Kementrian Agama (Kemenag).
Menurut  Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Penmad) Kemenang Mura,Muhamad Rais rencana pengambil alihan pembinaan terhadap guru PAI tersebut baru wacana Kemendikbud belaka.
Selanjutnya kata dia jika pembinaan terhadap para guru PAIS disekolah umum nantinya benar-benar diambil oleh Kemendikbud tidak akan menjadi masalah bagi Kemenag Mura.
 Namun berdasarkan PP nomor 56 tahun 2009 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan pembinaan guru PAIS seluruhnya wewenag Kementrian Agama RI. Artinya jika kemendikbud mengambil alih pembinaan tersebut menyalahi PP nomor 56 tahun 2009 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan.
“Tidak bisa karena urusan pembinaan pendidikan agama itu hak Kemenag, karena sudah ada peraturan pemerintah yang mengikatnya, tapi Pada dasarnya kita tidak keberatan,” tambahnya
Masih tambahnya ,Kemendikbud hanya bisa sebatas pembinaan saja, sedangkan  untuk standar kompetensi dan sejenisnya masih harus diserahkan kepada Kemenag.
Diterangkanya, pada akhir 2012 lalu Menteri Agama telah mengeluarkan peraturan baru khusus untuk pembinaan guru PAI sekolah umum maupun madrasah. Peraturan tersebut tercantum dalam Peraturan Menteri Agama (PMA)  nomor 12 tahun  2012.
Dalam PMA ini salah satunya mengatur perubahan nama dan tugas seksi yang ada dilingkungan Kemenag disetiap daerah. PMA ini telah direalisasikan pada Februari lalu dimana seksi penamas menjadi seksi PAIS.
“ Sejak 2013 ini disetiap daerah sudah ada  seksi khusus menangani pembinaan guru pendidikan agama islam disekolah umum,”ujarnya

Selain itu, Kemenag Ri juga telah membentuk  direktorat PAIS yang salah satunya membidangi guru pendidikan agama islam disekolah umum. Direktorat ini dibentuk untuk melakukan pembinaan ,workshop,  musyawarah guru mata pelajaran  PAI ,kurikulum guru PAI, pembinaan sarana ibadah dan sejenisnya.
Dengan adanya direktorat PAIS dan Seksi PAIS Kemenag Mura ini dharapkan  mampu melalukan tugas,pokok dan fungsi khususnya melakuka pembinaan terhadap guru PAI yang ada.
Diketahui, selama ini posisi guru agama di sekolah umum (SD, SMP, SMA, dan SMK) tidak jelas. Institusi tempat mereka bekerja ada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sedangkan secara kepegawaian, mereka ada di bawah Kementerian Agama (Kemenag).

Posisi guru agama yang berada di bawah dua kementerian itu memang tidak menguntungkan mereka. Mulai dari unsur pembinaan, peningkatan karir, hingga penguatan kompetensi. Ada sejumlah guru agama yang sulit naik pangkat, karena terbelit birokrasi yang rumit.

Kemendikbud saat ini sedang menggodok ketentuan baru terkait keberadaan guru agama di sekolah umum. Kementerian yang dipimpin Mohammad Nuh itu berencana akan mengambil alih wewenang pembinaan dari tangan Kemenag. Paling cepat, upaya ini mulai dijalankan tahun ajaran 2013-2014 nanti.(HS-01/JPNN)

0 Komentar


Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh