Lurah dan RT Ikut Berperan Aktif

By SILAMPARI ONLINE 26 Jul 2016, 01:26:26 WIB
 Lurah dan RT Ikut Berperan Aktif

Harian Silampari Online,


LUBUKLINGGAU- Baru-baru ini salah satu Posyandu di Kecamatan Lubuklinggau Timur I meraih penghargaan secara nasional atas kinerja Pemerintah, Kader PKK dan semua yang terlibat didalamnya.
Camat Lubuklinggau Timur 1, Henny Fitriyanty mengatakan, ide pertamakali dicetuskan Ketua TP PKK Kota Lubuklinggau, Hj Yetti Oktarina Prana.
“Ia meminta setiap masing-masing Kecamatan untuk memiliki Posyandu terintegrasi yang didalamnya memiliki Paud, Pojok Baca, Kelompok Bermain dan sarana lain melibatkan pihak Dinkes dan PKK,” terang perempuan kelahiran Sekayu, 10 Juli 1983 silam ini.
Dari delapan Kelurahan di Kecamatan Lubuklinggau Timur I, terpilihlah Kelurahan Majapahit yang dinilai representatif menjadi Posyandu terintegrasi sebagai percontohan di kelurahan lainnya.
Diceritakannya, Pertama kali ia melakukan kunjungan ke pemilik Paud tersebut dengan membawa ide dari Ketua TP PKK.
Setelah disepakati ada 2014 diberikan bantuan dari Gubernur dan Dinas Kesehatan untuk melengkapi sarana prasarana posyandu di Kelurahan Majapahit tersebut.
Maka dibangunlah sarana-prasarana kelengkapan BKB, Pojok Baca yang dibantu juga Perpustakaan Kota Lubuklinggau.
“Alhamdulillah 2015 kita menjadi juara 1 ditingkat Provinsi Sumatera Selatan, dan tahun ini, kita meraih penghargaan Juara 1 Pakarti Madya tingkat Nasional,” paparnya.
Anak pertama dari AKBP Purn Marlinsyah dan Nurhaida, S.Pd ini juga selama menjabat menjadi Camat memiliki prinsip untuk menghimpun aspirasi masyarakat sehingga terjalin komunikasi dengan masyarakat.
Pada 2014 dimulailah buka jalan yang di Bandara Silampari, disitulah semua berawal. Ditargetkan dua jalan lagi bakal dibuka pada 2015-2016 ini yakni Jalan Hibah Keluarga dan Kelurahan Taba Jemekeh.

“Insya Allah, tahun ini dan tahun depan sudah bisa kita realisasikan. Sementara, untuk RT sudah berhasil dimekarkan dari 56 RT menjadi 57 RT, direncanakan juga tahun ini dimekarkan satu lagi,” jelasnya.
Selain itu, saat ini targetnya adalah mengentaskan masalah sampah yang ada karena ada beberapa TPS liar di Kecamatan ini. “Ini PR bersama, kita carikan dulu solusinya,” tegasnya.

Sementara kegiatan rutin terus dilaksanakan sebulan sekali, bahkan Isteri dari Aris Garnida Husein ini menegaskan kalau semua pihaknya termasuk Lurah dan RT harus ikut berperan aktif.
“Kalau mau menjadi abdi masyarakat, dalam melayani masyarakat juga harus menghimpun aspirasi untuk melihat sejauh mana peran yang sudah dijalankan. Lurah dan RT harus berperan aktif dan tidak boleh tidur,” tuturnya.
Untuk itu, selama dia diberikan amanah untuk menjabat memimpin dalam Kecamatan. Maka, ia bertekad semaksimal mungkin bisa berperan.

“Kita bersyukur, dengan sistem buka jalan, menjadi point tertinggi pada penilaian Bulan Bakti Gotong Royong (BBGRM) tingkat Provinsi,” kata dia.
Kemudian, dibidang kemasyarakatan, majelis taklim dan program memakmurkan masjid terus dijalankan, terlebih Kecamatan Lubuklinggau Timur 1 telah memiliki Masjid Kecamatan yakni Masjid Syuhada Kelurahan Majapahit. (HS-02)

By SILAMPARI ONLINE 26 Jul 2016, 01:26:26 WIB

TAGS:

Berita Terkait

Tulis Komentar Anda

About Us · Indeks · E-Paper · Video · Advertise · Privacy Police · Legal Content · Contact Us


Copyright 2017 Silampari Online