BNN Linggau Segera Bentuk 5.000 Pasukan Jinak

By SILAMPARI ONLINE 12 Jul 2017, 17:20:27 WIB
BNN Linggau Segera Bentuk 5.000 Pasukan Jinak

Harian Silampari Online,

LUBUKLINGGAU - Badan Narkotika Nasional (BNN) Lubuklinggau berencana membentuk pasukan Jihad Anti Narkoba (Jinak) tingkat Kecamatan, Kelurahan dan RT/RW. Jumlah pasukan Jinak tersebut rencananya mencapai 5.000 orang. "Ada potensi masyarakat yang bisa diberdayakan untuk mendukung program membasmi narkoba. Harapan kami pasukan Jinak ini untuk mendukung BNN," kata Kepala BNN Lubuklinggau, AKBP Edy Nugroho didampingi Wakapolres Lubuklinggau, Kompol Andi Kumara usai rapat kerja pemberdayaan masyarakat, Rabu (12/7).

Lebih lanjut kata dia, nantinya dengan adanya pasukan Jinak tersebut dapat terbentuk disemua lini sampai dengan tataran RT/RW. Mereka akan menghandel dan melakukan penyuluhan. "Kalau dia menemukan tindak pidana narkotika, bisa berbuat dengan Babinkamtibmas termasuk Babinsa. Jadi satgas itu melibatkan unsur TNI, Polri. Jadi masyarakat berbuat, bertindak ada yang mendampingi," bebernya.

Sementara itu Wakil Walikota (Wawako)) Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar mengatakan, pihaknya selaku Pemerintah Kota (Pemkot) mendukung rencana pembentukan pasukan Jinak.  "Ini'kan baru batas rencana awal. Kita harapkan 5.000 pesertanya," katanya.

Kemudian, rencana dibentuknya pasukan Jinak berjumlah 5.000 orang tersebut, Wawako mengharapkan dalam personalnya akan melibatkan unsur TNI, Polri, masyarakat dan mahasiswa. Disamping itu, 5.000 pasukan Jinak itu juga harus betul-betul bebas dari narkoba.

Terpisah Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lubuklinggau, H Surya Darma menjelaskan pasukan Jinak rencananya akan diketuai H SN Prana Putra Sohe sekaligus selaku pelindung. Sedangkan ketua harian Kepala BNN Lubuklinggau, AKBP Edy Nugroho. "Akan dibentuk, ada Panglima. Setiap kecamatan ada kooordinator dan turun lagi ke kelurahan," timpalnya.

Tugas pasukan Jinak tersebut, untuk memberantas narkoba. Kemudian menginforamsikan kepada aparat hukum jika ada narkoba diwilayahnya masing-masing. Rencananya pasukan Jinak akan dideklaraasikan 13 Oktober bersamaan dengan HUT Lubuklinggau.(HS-13)

 

 

By SILAMPARI ONLINE 12 Jul 2017, 17:20:27 WIB

TAGS:

Berita Terkait

Tulis Komentar Anda

About Us · Indeks · E-Paper · Video · Advertise · Privacy Police · Legal Content · Contact Us


Copyright 2017 Silampari Online