Bupati Sebut Kabupaten Empat Lawang, Negeri Seribu Air Terjun

By SILAMPARI ONLINE 08 Nov 2017, 14:57:01 WIB
Bupati Sebut Kabupaten Empat Lawang, Negeri Seribu Air Terjun Anggota Komisi X DPR RI, Sri Meliyana bersalaman dengan tamu kehormatan usai menyampaikan sambutannya di pelepasan etafe kesatu, International Musi Triboatton (IMT) tahun 2017, di Pantai Terusan, Desa Terusan Lama Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Rabu (8/11).

Silampari Online,

EMPAT LAWANG - Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah menyebut Kabupaten Empat Lawang, sebagai negeri seribu air terjun. Hal ini disampaikannya, saat acara pelepasan etafe kesatu, International Musi Triboatton (IMT) tahun 2017, di Pantai Terusan, Desa Terusan Lama Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Rabu (8/11).
 
"Jika Kabupaten Lahat menyebut wilayahnya sebagai Negeri Seribu Megalith, kita di Empat Lawang adalah Negeri Seribu Air Terjun. Ada banyak sekali air terjun di sini dan ini perlu kita kembangkan," ujar Syahril.
 
Salah satu potensi yang juga perlu dikembangkan kabupaten ini, kata Syahril adalah Sungai Musi dan banyak potensi lainnya dimiliki kabupaten ini yang tidak dimiliki kabupaten lain. Karena itu, melalui momen IMT 2017 ini, pihaknya berkesempatan memperkenalkan potensi pariwisata dan kebudayaan di kabupaten ini.
 
"Salah satu budaya warga Empat Lawang, adalah Lumpatan. Lumpatan ini dibangun secara bergotongroyong oleh warga, itu setahun sekali, menjelang air pasang untuk perangkap ikan. Jadi, saat air pasang, ikan masuk (perangkap), nah, ikannya ini dibagi ke masyarakat," jelasnya.
 
Budaya membuat lumpatan ini lanjut Syahril, adalah budaya gotongroyong dan kebersamaan warga di kabupaten ini, yang masih hidup sampai saat ini. "Ada banyak sekali potensi-potensi di Kabupaten Empat Lawang, yang saya ras sangat perlu dikembangkan demi kemajuan pariwisata di Sumtera Selatan," imbuhnya. 
 
Sementara, anggota komisi X DPR RI, Sri Meliyana mengatakan, warga di Kabupaten Empat Lawang, adalah warga yang ramahnya luar biasa. Dia berpesan kepada masyarakat di Kabupaten Empat Lawang, untuk menjaga Sungai Musi di wilayah kabupaten ini, karena saat ini sudah sangat bagus dan layak untuk dijadikan destinasi wisata bagi masyarakat dari luar.
 
"Pariwisata adalah cara baru kita cari duit, kalau cara lama kita betani dan lainnya. Adanya sungai ini, dapat kita jadikan ajang cari uang. Kalau tamu banyak, ada tidak uang yang masuk ?, tentu saja ada," ujarnya.
 
Karena itu, dia mengajak masyarakat di Kabupaten Empat Lawang, untuk menjaga semua fasilitas yang sudah dibangun. "Kalau tamu semakin banyak dan banyak lagi yang datang ke sini dan ada yang dapat memanfaatkan ini secara ekonomi, income kita akan bertambah. Karena itu, tanggingjawab kita sama-sama, untuk memajukan pariwisata di daerah ini," terangnya. (HS-04)
 
 
By SILAMPARI ONLINE 08 Nov 2017, 14:57:01 WIB

TAGS:

Berita Terkait

Tulis Komentar Anda

About Us · Indeks · E-Paper · Video · Advertise · Privacy Police · Legal Content · Contact Us


Copyright 2017 Silampari Online