Dinkes Sidak Pengusaha Galon

By SILAMPARI ONLINE 01 Feb 2017, 02:16:14 WIB
Dinkes Sidak Pengusaha Galon

Harian Silampari Online,



LUBUKLINGGAU - Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau bersama Dinas Perizinan dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) melakukan inspeksi mendadak (sidak) bagi pelaku usaha galon.

Sidak sudah berjalan sejak Senin (30/1) hingga kemarin, Selasa (31/1) untuk melakukan pengawasan dan menertipkan pelaku usaha galon. Hal itu juga menindaklanjuti pemberitaan dimedia beberapa hari lalu.

"Kita sudah 2 hari melakukan pengawasan terhadap galon ini. Kita sidak akan berlanjut selama 7 hari mendatang," kata Plt Dinkes Kota Lubuklinggau Idris melalui Kabid Yankes Eli Rosidah.

Sidak hari kedua dilakukan di beberapa tempat salah satunya di Rumah Sakit Ar Bunda. Dimana sebelumnya sudah dilakukan di beberapa tempat di Kelurahan Simpang Periuk Kecamatan Lubuklinggau Selatan II.

"Selama dua hari ini kita sudah mengambil sample airnya. Itu akan dilakukan penelitian di Provinsi Sumsel nanti. Jika terbukti maka akan kita tegur mereka. Jika mereka tidak mengindahkan tidak tertutup kemungkinan bisa kita tutup usahanya," tegasnya.

Dijelaskannya, sidak yang dilakukan juga bertujuan untuk mendata dan sekaligus untuk mengecek apakah air yang diproduksi oleh depot bersangkutan layak atau tidak untuk di konsumsi.

Pendataan itu, kata dia sesuai dengan 13 item, salah satunya apakah pengusaha depot sudah memiliki izin dari Diskes. Tujuannya, agar air yang dikonsumsi konsumen dari depot tetap terjaga kebersihan dan  kualitasnya.

"Sampai hari kedua, kita baru mendata beberapa tempat dan izinnya juga sudah lengkap. Kita akan terus melakukan pengawasan selama 7 hari itu. Saat ini belum bisa kita katakan apakah air galon itu layak dikonsumsi apa tidak. Penelitian di provinsi nantinya," jelasnya.(HS-07)



By SILAMPARI ONLINE 01 Feb 2017, 02:16:14 WIB

TAGS:

Berita Terkait

Tulis Komentar Anda

About Us · Indeks · E-Paper · Video · Advertise · Privacy Police · Legal Content · Contact Us


Copyright 2017 Silampari Online