Empat Lawang Bebas Vaksin Palsu

By SILAMPARI ONLINE 22 Jul 2016, 01:51:39 WIB
Empat Lawang Bebas Vaksin Palsu

Harian Silampari Online,


EMPAT LAWANG-Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Empat Lawang, AKBP Bayu Dewntoro Sik MM menyatakan, bahwa kebanyakan ditemukannya Vaksin Palsu yang beredar di masyarakat biasanya dari Rumah Sakit (RS) Swasta bukan dari RS Pemerintah. Dikarenakan dalam pengadaan Vaksin Rumah Sakit Swasta biasanya tidak bekerja sama dengan Kementerian kesehatan RI dan Pemerintah melainkan tersendiri.

"Sehingga dalam pengawasaan pengadaan Vaksin tersebut tidak terawasi secara mendetail keasliannya sehingga mempermudah para pelaku pembuat Vaksin bisa memperjualbelikan Vaksin tersebut," jelas Bayu Dewantoro di Tebing Tinggi, Kamis (21/7).

Dijelaskannya, adapun cara Memperoleh dan mendapatkan Vaksin, Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang dengan cara membuat Laporan permintaan yang ditujukan ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel setiap satu bulan sekali sesuai dengan Kebutuhan. Kemudian setelah membuat Laporan permintaan Jenis Vaksin yang diminta Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang, baru bisa mengambil jenis Vaksin yang diminta di Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel.

"Dinas Kesehatan Prov. Sumsel mendapatkan Vaksin secara langsung dari Kementerian Kesehatan RI kemudian baru bisa di salurkan ke masing-masing Kabupaten yang ada di Provinsi Sumsel, pengadaan Vaksin tersebut secara resmi memalui pemeriksaan yang ketat dari Balai Pom Kesehatan dan bekerjasama dengan Bio Farma," jelasnya.

Adapun jatah Vaksin untuk Kabupaten Empat Lawang dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel berkisar kurang lebih 2000 Vaksin biasa yang terdiri dari Vaksin jenis BCG, DPT, Folio, Campak, Folio HB, ADT dan ADTT. Kemudian setelah mendapatkan Vaksin Pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang, baru disalurkan ke RSUD dan Puskemas yang di Kabupaten Empat Lawang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

"Bahwa sampai saat ini RSUD Kabupaten Empat Lawang belum ditemukan adanya Vaksin Palsu dikarenakan pihak RSUD Kabupaten Empat Lawang, meminta Vaksin memalui Jalur Resmi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang, yang secara langsung mendapatkan Vaksin tersebut dari Dinas Kesahatan Provinsi Sumsel dan Kementarian Kesehatan RI, yang secara Langsung diawasi secara ketat oleh Balai POM kesahatan," tutupnya. (HS-10)

By SILAMPARI ONLINE 22 Jul 2016, 01:51:39 WIB

TAGS:

Berita Terkait

Tulis Komentar Anda

About Us · Indeks · E-Paper · Video · Advertise · Privacy Police · Legal Content · Contact Us


Copyright 2017 Silampari Online