Musi Rawas Juarai Lomba Inovasi Desa

By SILAMPARI ONLINE 11 Okt 2017, 21:32:26 WIB
Musi Rawas Juarai Lomba Inovasi Desa TERIMA : Bupati Mura, H Hendra Gunawan (dua dari kiri), saat menerima penghargaan sebagai Juara I Lomba Inovasi Desa tingkat Provinsi Sumatera Selatan, tahun 2017. Foto : Ist/HS/tya.

Silampari Online,

KAYUAGUNG - Kabupaten Musi Rawas, berhasil keluar sebagai Juara I Lomba Inovasi Desa tingkat Provinsi Sumatera Selatan, tahun 2017. Prestasi ini merupakan yang kedua kalinya bagi kabupaten yang berjuluk “Bumi Lan Serasan Sekentenan” tersebut. Betapa tidak, tahun lalu Kabupaten Musi Rawas juga meraih Juara I Lomba Inovasi Desa yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Provinsi Sumsel.

Ditemui usai menerima penghargaan pada acara Pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) 2017, yang berlangsung di Halaman GOR Perahu Kajang Kabupaten OKI, Bupati Musi Rawas, Hendra Gunawan mengaku bangga atas hasil yang dicapai oleh daerah yang dipimpinnya tersebut. Dirinya juga mengapresiasi pihak pemerintah desa beserta stakeholder terkait yang telah bekerjasama sehingga menghasilkan prestasi membanggakan tersebut.

“Intinya kita sangat bersyukur bahwa Kabupaten Musi Rawas sudah dua tahun berturut-turut meraih prestasi ini. Hasil ini berkat kerjasama, gotong royong, persatuan dan kesatuan selama 2016 dan 2017 ini desa di Kabupaten Musi Rawas berhasil menjadi juara satu,” ungkap Hendra.

Pada tahun lalu, Desa J Ngadirejo Kecamatan Tugumulyo berhasil mewakili Kabupaten Musi Rawas menjadi Juara I dan pada tahun ini giliran Desa Mekar Sari Kecamatan Megang Sakti berhasil menjadi Juara I Lomba Inovasi Desa tingkat Provinsi Sumsel. Meskipun sempat kecewa lantaran hanya berada di posisi kelima tingkat nasional, namun Hendra tetap merasa bangga dengan hasil yang dicapai saat ini.

“Kalau tahun lalu kita berada di posisi dua besar tingkat nasional. Ini adalah berkat kerja keras semua dan prestasi ini kita persembahkan untuk masyarakat Musi Rawas dengan visi kita mewujudkan Musi Rawas Sempurna 2021 dan AK5 ayo kerja, kerja, kerja, kerja, dan kerja ternyata saat ini sudah mulai memetik hasilnya,” ajak pria berkacamata ini.

Ditambahkan Hendra, hendaknya dengan kerja keras semua pihak Kabupaten Musi Rawas bisa mengukir prestasi yang lebih tinggi lagi. Dirinya pun mempunyai target bahwa ke depannya dari 186 desa dan 13 kelurahan yang ada di Kabupaten Musi Rawas akan dicari dan digali potensinya serta dimotivasi sehingga daerah tersebut bisa mewakili Kabupaten Musi Rawas.

“Mohon doanya dalam waktu yang sesingkat-singkatnya supaya Kabupaten Musi Rawas bisa keluar dari predikat kabupaten tertinggal,” ucap dia.
 
Terpisah, Kepala Desa Mekar Sari, Zabur mengatakan, dalam rangka mengikuti Lomba Inovasi Desa tingkat Provinsi Sumsel ini pihaknya memanfaatkan kotoran sapi yang dijadikan biogas untuk kebutuhan rumah tangga. Selain itu, di desa tersebut juga memanfaatkan batang karet untuk dijadikan asam cair yang diolah oleh tim dan akhirnya menghasilkan pupuk.

“Kegiatan ini seperti ini berdampak pada perekonomian masyarakat yang semakin meningkat. Apalagi, mata pencaharian masyarakat desa kami adalah petani karet,” terang Zabur.(HS-13/tya)  
 
 
By SILAMPARI ONLINE 11 Okt 2017, 21:32:26 WIB

TAGS:

Berita Terkait

Tulis Komentar Anda

About Us · Indeks · E-Paper · Video · Advertise · Privacy Police · Legal Content · Contact Us


Copyright 2017 Silampari Online