Realisasi Anggaran 2015 Hanya 95,79 Persen

By SILAMPARI ONLINE 01 Mar 2016, 09:24:24 WIB
Realisasi Anggaran 2015 Hanya 95,79 Persen Bupati Rejang Lebong DR (HC) H A Hijazi SH, M.Si menyerahkan LKPJ kepada Ketua DPRD Rejang Lebong Abu Bakar, SH dalam paripurna dengan agenda penyampaian LKPJ, Senin (29/2).

Harian Silampari Online, 

REJANG LEBONG - Realisasi anggaran pemerintahan Kabupaten Rejang Lebong dari pendapatan daerah ditetapkan tahun 2015 lalu kurang dari 100 persen. Hanya 95,79 persen dari APBD Rp 889,873 miliar atau terealisasi. Rp 852,370 miliar.

Hal ini dikatakan Bupati Rejang Lebong DR (HC) H A Hijazi SH, M.Si saat rapat paripurna DPRD Rejang Lebong dengan agenda Laporan Pertanggung Jawaban (LKPJ) terhadap anggaran tahun 2015.

Dari belanja daerah tahun 2015 lalu, menurut bupati terealisasi sebesar 81,12 persen atau sebesar Rp 830,209 miliar dari total anggaran sebesar Rp 1.011 triliun. Beberapa faktor diantaranya adanya kelebihan anggaran di SKPD yang ada di Rejang Lebong hingga adan paket kegiatan pembangunan di Rejang Lebong yang belum selesai dilakukan.

"Kelebihan anggaran bukan berarti tidak terpakai namun tawaran yang ada berada dibawah pagu anggaran," jelas Hijazi.

Sedangkan untuk paket yang tidak selesai atau menjadi luncuran sendiri, menurut bupati disebabkan oleh beberapa faktor yaitu waktu pengerjaan yang relatif pendek. Kemudian karena faktor cuaca serta manajeman yang tidak berjalan. Namun menurut bupati untuk waktu yang pendek dan faktor cuaca ia tidak bisa berbicara banyak. Apabila  karena faktor manajemen yang tidak berjalan maka kedepannya akan dievaluasi.

LKPJ yang ia sampaikan tersebut akan dibahas DPRD Rejang Lebong secara internal dengan tata tertib DPRD dan akan menghasilkan keputusan DPRD. Yakni berupa rekomendasi yang berisikan catatan-catatan atau koreksi terhadap urusan desentralisasi, tugas pembantuan dan tugas umum pemerintahan bagi pemerintah Kabupaten Rejang Lebong.
Rekomendasi dimaksud merupakan masukan yang berharga bagi penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan Kabupaten Rejang Lebong kedepannya lebih baik

"Kita akan evaluasi, target PAD yang tidak mencapai 100 persen, dan mengkaji catatan DPRD Rejang Lebong terkait LKPJ tersebut,"kata Hijazi.

Rapat paripurna LKPJ selain dihadiri  Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong, Iqbal Bastari SPd MM, hadir juga Plt Sekda, unsur FKPD dan SKPD dan ketua TP PKK. Menariknya Bupati serta Wakil Bupati Rejang Lebong mendatangi DPRD RL dengan jalan kaki. (HS-09)

 

By SILAMPARI ONLINE 01 Mar 2016, 09:24:24 WIB

TAGS:

Berita Terkait

Tulis Komentar Anda

About Us · Indeks · E-Paper · Video · Advertise · Privacy Police · Legal Content · Contact Us


Copyright 2017 Silampari Online