Brigjen TNI Sudarto Minta Warga Jangan Golput

203
Wasev Mabesad Brigjen TNI Sudarto, S.IP. Kelokasi TMMD Ke-104 Ta. 2019 di Wilayah Kodim 0406/Mura Tepatnya di Kel. Karya Makmur Kec. Nibung Kab. Musi Rawas Utara, Kamis (21/3/2019). foto Humas Kodim 0406 Mura for Harian Silampari
Advertisement

*Kunjungan ke Lokasi TMMD Nibung

Silampari Online, NIBUNG- Wasev Mabesad Brigjen TNI Sudarto mengunjungi lokasi Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-104 Tahun 2019. Lokasinya di Wilayah Kodim 0406/Mura, tepatnya di Kelurahan Karya Makmur Kecamatan Nibung Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Kamis (21/3) sekira pukul 10.15 WIB.

Dandim 0406/Mura Letkol Inf M. Aan Setiawan melalui Humasnya Zona menjelaskan, sekitar pukul pukul 07.00 WIB, Wasev Mabesad beserta Rombongan menuju Kediaman Bupati Muratara H.M. Syarif Hidayat di Jalan Lintas Sumatera Desa Terusan, Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Muratara. Pada pukul 07.45 Wib, Wasev Mabesad beserta Rombongan tiba di kediaman Bupati Muratara melaksanakan Cofe Morning.
“Pukul 09.30 WIB, kami menuju Posko TMMD Ke-104 Tahun2019 di Kelurahan Karya Makmur,” ucapnya.

Pada pukul 10.30 WIB, sambung dia, Wasev Mabesad beserta rombongan tiba di Posko TMMD Ke-104 Kodim 0406/Mura disambut dengan Seni Tarian Reog dan tari Bali. pada Pukul 10.45 WIB, Wasev Mabesad menerima paparan dari Dandim 0406/Mura di Posko TMMD Ke-104 Tahun 2019 Kodim 0406/Mura.
“Materinya tentang Peta Wilayah Kodim 0406/Mura dan Persentase Pembangunan TMMD Ke – 104 Kodim 0406/Mura,” ujarnya.
Adapun inti yang dipaparkan Dandim 0406/Mura antara lain,sasaran fisik terdiri dari, pembuatan Jalan 6.5 KM, pembuatan gorong – gorong 5 titik, bedah rumah 1 unit. Lalu, pembangunan teras Mushollah 1 unit, pembuatan Sumur Bor 2 Titik, pembuatan MCK 1 unit, Poskamling 5 unit. “Rata-rata 90 persen terealisasi,” tegasnya. Sedangkan, salah satu sasaran non fisik meliputi kegiatan yakni penyuluhan di bidang Pertanian dan perikanan.

Sementara itu, dalam kata sambutan dari Ketua Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) Brigjen TNI Sudarto menyampaikan, semua Program TMMD harus berasal dari aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan, tertinggal, terisolasi, wilayah perbatasan atau kawasan kumuh perkotaan serta terkait dengan kebutuhan nyata masyarakat setempat yang harus segera di carikan solusi atau pemenuhan. Program TMMD juga dilakukan secara integritas, melibatkan seluruh komponen bangsa baik unsur Pemerintah, maupun instansi non pemerintah bersama masyarakat, pada hakekatnya merupakan wujud nyata dari penerapan budaya gotong royong.

“Selain kegiatan secara fisik pada kegiatan TMMD juga diselingi dengan kegiatan nonfisik, TNI mengadakan penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan pertanian, penyuluhan bela negara, kesehatan, bahaya narkoba bagi generasi muda, dan sosial lainnya,” paparnya.
Brigjen TNI Sudarto mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada seluruh elemen yang telah bersusah payah untuk menyambut kedatangan Kunjungan dari Tim Wasev TMMD Ke-104 ke wilayah Kodim 0406/Mura. Dia melihat keterlibatan masyarakat sangat bagus sekali, karena seperti inilah yang akan memupuk rasa persatuan dan kesatuan serta cinta terhadap Tanah Air.
“Keterlibatan masyarakat Kecamatan Nibung tepatnya di Kelurahan Karya Makmur ini sangat banyak dalam membantu personil tentara untuk menyukseskan pekerjaan fisik pada kegiatan TMMD Ke-104 Kodim 0406/Mura,” ungkapnya.

Brigjen TNI Sudarto menambahkan, kehadiran TNI pasti membantu masyarakat baik melalui kegiatan TMMD maupun lewat kegiatan serbuan teritorial lainnya dalam membangun negara Indonesia.

Brigjen TNI Sudarto, S.I.P menjelaskan, kedatangannya di Kelurahan Karya Makmur bersama anggota tim, dalam rangka untuk melihat langsung dari dekat pelaksanaan TMMD Ke 104 yang dilaksanakan diwilayah Kodim 0406/Mura. Selanjutnya juga ucapan terima kasih kepada pemerintah setempat termasuk Polri yg telah mendukung kegiatan TMMD ini. “Tim meninjau kegiatan TMMD ini karena kami ingin mengetahui secara langsung perkembangan TMMD dilapangan dan akan dilaporkan ke Komando Atas. Berdasarkan pantauan langsung di lokasi apa yang di laporakan oleh Kodim 0406/Mura, sudah sesuai dengan kenyataan yang ada di lapangan,” tuturnya.

Meski diakui Kelurahan Karya Makmur memiliki akses jalan kurang mendukung, sehingga perekonomian Kecamatan Nibung kurang berkembang. “Saya berharap setelah kendala ini dapat teratasi, maka wilayah Kecamatan Nibung kedepan bisa berkembang dengan cepat serta akses perekonomian dan kesejahteraan masyarakat meningkat,” sambung dia.

Menurut penilaian dari Brigjen TNI Sudarto bahwa TMMD yang dihasil over karena telah melebihi kapasitas pekerjaan seperti contoh lebar jalan yang awalnya dibuat 8 meter kenyataan di lapangan dibuat menjadi 10 meter. “Saya berpesan agar apa yang telah dibuat melalui TMMD ini dapat bermanfaat bagi masyarakat serta agar dipelihara dengan baik, dan akses jalan yang dikerjakan secara bersama-sama dalam TMMD ini jangan sampai sia-sia agar memberikan kemudahan dan keuntungan bagi masyarakat dalam beraktifitas,” pesannya. Kemudian dalam pelaksanaan Pilkada serentak nantinya diharapkan kepada masyarakat agar tidak Golput/tidak memilih karena suara dari masyarakat walaupun satu itu sangat berharga dan bisa menentukan menang kalahnya seorang calon. “Jangan Golput, pilih sesuai hati nurani,” pungkasnya. (HS-rilis)