Butuh Rp 53 Milyar Bangun Jembatan

223
FOTO : ISTIMEWA
TINJAU : Sejumlah anggota DPRD Empat Lawang, saat meninjau jembatan Musi Desa Padang Tepong (Jembantan Ponton) di Kecamatan Ulu Musi, saat mengelar reses, baru-baru ini.
Advertisement

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, membutuhkan anggaran sekitar Rp 53 milyar untuk melaksanakan pembangunan Jembatan Musi di Kecamatan Ulu Musi, pengganti Jembatan Ponton yang kondisinya sudah termakan usia.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Empat Lawang, Syarkowi Rasyid menjelaskan, pihaknya sudah berkonsultasi dengan salah satu perusahaan bonafid yang biasa mengerjakan pembangunan jembatan besar di Indonesia.

Dari hasil hitungan-hitungan, Pemkab Empat Lawang membutuhkan anggaran Rp 53 milyar untuk mewujutkan jembatan yang diimpi-impikan masyarakat Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker) dan Kecamatan Ulu Musi tersebut.

“Jadi intinya, anggaran yang dibutuhkan untuk membangun jembatan musi penghubung Kecamatan Paiker dengan Ulu Musi, itu besarannya Rp 53 miliar,” kata Syarkowi, baru-baru ini.

Rencananya sambung Syarkowi, bentuk Jembatan yang akan dibangun tersebut, konstruksinya sama dengan Jemabatan Musi II atau Jembatan Kuning Tebing Tinggi. Pihaknya sudah mengajukan izin ke pihak kementerian melalui Balai Besar Sungai, untuk melaksanakan pembangunannya.

“Rencana kalau tidak ada halangan, 2020 kita mulai pengerjaannya. Kita berharap, anggaran sebesar itu dapat kita angarkan, dengan begitu pembangunannya dapat dilakukan sesuai jadwal,” ungkapnya.

Diapun menghimbau agar masyarakat di Kabupaten Empat Lawang, terutama masyarakat yang berada di Kecamatan Paiker dan Ulu Musi, agar dapat besabar, sebab pembangunan jembatan dengan bentang lebih 60 meter tersebur, tidak semudah membalikan telapak tangan.

“Apa lagi dengan rencana anggaran biaya yang cukup besar, apalagi bagi kabupaten kita dana sebesar itu hanya dimungkinkan jika dapat bantuan dari pusat,” tukasnya.

Sementara itu secara terpisah, salah seorang warga di Kecamatan Ulu Musi Kabupaten Empat Lawang, Romi berharap Pemkab Empat Lawang dapat segera membangun jembatan pengganti Jembatan Musi (Jembatan Ponton) yang ada di kecamatan mereka. Pasalnya jemabatan itu sudah cukup tua dan kondisinya saat ini sudah sangat memprihatinkan.

“Bayangkan, jembatan yang dibangun pada masa Bupati Kafrawi Rahim. Jadi wajar jika kondisinya sudah tidak layak lagi,” terangnya. (HS-05)