Caleg Bagi-bagi Uang

149
FOTO : NET
Ilustrasi
Advertisement

Silampari Online,

CECAR- Oknum Calon legislatif (caleg) DPR RI inisial M dan anaknya, diduga bagi-bagi uang di Desa Pelawe, Kecamatan Bulang Tengah Suku Ulu (BTS) Ulu, Kabupaten Musi Rawas (Mura). Dugaan Politik uang tersebut dilaporkan warga ke Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), setempat.

Komisioner Bawaslu, Khoirul Anwar, yang juga Koordinator Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakumdu) Mura, membenarkan adanya laporan dugaan politik uang. Pengaduan itu sudah ditindak lanjuti Panwascam dan diterima oleh Bawaslu Mura, Senin (15/4).

“Hari ini,Tim Sentra Gakkumdu dipimpin koordinator Khoirul Anwar didampingi penyidik Bripka Falendra, staf Bawaslu Sherly dan Walkat Brigpol Randoe melakukan investigasi ke Kecamatan BTS Ulu,” ungkap Khoirul kepada Palpos.id, Selasa (16/4).

Dalam invistigasi tersebut, dikatakan Khoirul, Tim Senta Gakumdu, telah meminta keterangan dengan Panwascam yang telah melakukan investigasi dan pengawasan di Pelawe. Namun dari keterangan yang diperoleh, oknum yang diduga menyebarkan politik uang pada masa kampanye tidak diketahui identitasnya dikuatkan dengan keterangan warga yang menerima politik uang.

“Barang Bukti fisik (uang dan bahan kampanye) seperti yang disampaikan di foto dan video tidak ada,” ujar Khoirul.

Dari keterangan yang diperoleh, lanjut Khoirul, Bawaslu telah melakukan kajian awal terhadap laporan tersebut dan disimpulkan laporan belum cukup materil, sehingga dikembalikan kembali ke pelapor untuk melengkapi hingga 3 hari setelah laporan awal diterima. “Terakhir rabu, 17 April 2019 pukul 16.00 WIB,” jelasnya.

Sementara pelapor sendiri, sudah diminta datang untuk dimintai keterangan dan melengkapi Barang Bukti (BB) tetapi tidak datang. “Bila pelapor tidak melengkapi syarat materil hingga sesuai waktunya, maka dianggap tidak dapat ditindaklanjuti untuk diregister sebagai laporan,” pungkas Khoirul. (HS-palpos)