Caleg Provinsi dan Pusat Paling Banyak Melanggar

    101
    FOTO : FAHRUROZI/HARIAN SILAMPARI
    Ketua Bawaslu Kabupaten Empat Lawang, Rudiyanto
    Advertisement

    Silampari Online,

    EMPAT LAWANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menemukan sejumlah pelanggaran dalam pemasangan alat peraga kampanye (APK) di Empat Lawang. Caleg DPR RI dan Caleg DPRD provinsi disebut paling banyak melanggar.

    Ketua Bawaslu Kabupaten Empat Lawang Rudiyanto mengatakan, pihaknya banyak menemukan pelanggaran dalam aturan pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) peserta pemilu. Pelanggaran ini kata dia, sudah mengabaikan etika maupun estetika yang berdampak menggangu keindahan kota.

    Diapun menjelaskan, eberapa bentuk pelanggaran yang mengacu ke arah yang berdampak pada keindahan kota itu sering kali memang diabaikan oleh para peserta pemilu khususnya pemasangan APK jenis sticker.

    “Misalnya APK yang dipasang di tiang listrik, di pinggir jalan itu tidak boleh. Kemudian seperti menempel sticker atau gambar baliho di pepohonan hingga di taman kota itu juga melanggar aturan,” beber Rudiyanto saat dibincangi wartawan di Tebing Tinggi, Minggu (16/12).

    Pihaknya sebelum menertiban APK para peserta Pemilu, terlebih dahulu akan memberikan imbauan kepada seluruh Parpol melalui surat edaran secara langsung.

    “Kami mengimbau kepada Parpol Peserta Pemilu Pileg dan Pilpres 2019 agar mematuhi aturan yang sudah ditetapkan Larangan ini tertera jelas dalam Undang-Undang (UU) No.7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, kemudian tertuang dalam Peraturan KPU No.23, 28 dan 33 tentang kampanye,” jelas Rudiyanto.

    Sementara itu, anggota Bawaslu Empat Lawang, Martin SE menambahkan, pelanggaran itu yang memang sering ditemukan oleh pihaknya mayoritas oleh para Caleg dari Pusat (DPR RI) dalam pemasangan APK.

    “Itu kita temukan di Kecamatan Tebing Tinggi, tapi bukan peserta Caleg di Empat Lawang melainkan dari Pusat dan Provinsi yang memasang APK-nya di pepohonan,” pungkasnya. (HS-05)