Dandim dan Kalapas Juara Menembak

*Latihan Bersama di Perbakin Mura

Silampari Online,

Muat Lebih

LUBUKLINGGAU-Kodim 0406 Musi Rawas bersama Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 2 Lubuklinggau melaksanakan latihan bersama menembak, Rabu (19/6), di Lapangan Perbakin Musi Rawas. Latihan menembak itu dibagi dua kategori senjata api (Senpi) laras panjang dan senpi laras pendek, dengan diikuti 62 pegawai Lapas dan 80 orang anggota TNI.

Kalapas Lubuklinggau Imam Purwanto kepada Harian Silampari, kegiatan olahraga menembak tersebut merupakan agenda rutin setiap triwulan atau menyesuaikan jadwal Kodim 0406 MLM. Latihan bersama ini, kata dia, sangatlah positif untuk melatih seluruh pegawai baik laki-laki maupun perempuan. Sebab, bisa menembak bukan berarti digunakan negative, melainkan difungsikan dalam menjalankan tugas pengamanan.

“Kita harus bisa menembak, sebab kita memiliki senpi. Aneh, kalau mempunyai senpi namun tidak bisa menggunakan,” kata Imam sapaan Imam Purwanto.

Dia mengucapkan banyak terimasih kepada TNI karena bisa berlatih bersama-sama, karena pegawai Lapas Lubuklinggau belum mahir menggunakan senpi. Dipelatihan ini, sambung dia, banyak sekali materi dan trik menggunakan senpi secara baik dan benar. “Senpi kita beda dengan milik TNI. Kalau punya kita hanya kecil, kalau milik TNI besar serta kuat ledakannya. Awalnya sih dek-dekan juga, namun lama kelamaan sudah biasa dan mengasikkan. Diharapkan, seluruh pegawai terampil menggunakan senpi sesuai prosedurnya,” tuturnya.

Setelah berlatih menembak lalu diadakan penilaian oleh tim juri dari Kodim 0406 MlM. Alhasil, pegawai Lapas perempuan 2 dan laki-laki 6 yang mendapat nilai atau tepat sasarannya. “Alhamdullilah, tadi Dandim 0406 MLM juara 1 menembak menggunakan senpi laras pendek, dan saya hanya juara 1 menggunakan laras panjang,” ungkapnya.

Dandim 0406 MLM, Letkol Inf M A’an Setiawan didampingi Pasi Ops Kapten Inf Jati Priono mengatakan, seluruh anggota Personel TNI atau 264orang ikut latihan menembak yang diadakan secara rutin. Jadi, bila Rabu (19/6) ada dinas maka sisanya besok (Kamis, 20/6) untuk berlatih karena hal itu wajib bagi TNI mampu terampil menembak.

“Kita latihkan laras panjang AK 16 dengan jarak 100 meter, dan 25 meter bagi senpi laras pendek,” ucap Kapten Jati.

Diakuinya, semua prajurit telah memiliki senjata sehingga diperlukan latihan sehingga makin terampil sesuai senjata yang dipegangnya masing-masing. “Pegawai Lapas Lubuklinggau yang ikut latihan bersama ini, karena mereka tidak memiliki tenaga ahli. Maka kita latihan bersama. Mereka banyak butuh latihan, karena masih minim pengetahuan cara merawat senjata,” jelasnya.

Dilanjutkan Dandim 0406 MLM Letkol Inf M A’an Setyawan mengaku, latihan menembak tersebut merupakan sudah diprogramkan sesuai jadwal per triwulan. “Kebutulan ada tim Lapas Lubuklinggau dan kita intrgrasikan, ini bukan kegiatan istimewa melainkan sudah rutin latihan. Maka kita bareng bareng melaksanakan program. Jadi, saling tukar ilmu dan belajar bareng bareng dan kemampuan kita naik dapat menunjang tugas pokok kita,” pungkasnya. (HS-08)