Delapan Kabid OPD Mura Dimutasi

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : KRISMANTO/HARIAN SILAMPARI</div></small> <strong>LANTIK : </strong> Pj Sekda Mura, EC Priskodesi menyerahkan surat tugas secara simbolis kepada pejabat yang dilantik, Senin (21/1).

Silampari Online,

MUSI RAWAS– Sedikitnya 25 pejabat yang terdiri dari pejabat Administrator (Esselon III) dan pejabat pengawas (Esselon IV) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura) dilantik. Dimana, dari jumlah pejabat yang dilantik tersebut delapan diantaranya merupakan jabatan Kepala Bidang (Kabid).

Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kabupaten Musi Rawas (Mura), EC Priskodesi mengatakan Prosesi Pelantikan dan mutasi jajaran pejabat disetiap instansi Pemerintah adalah bagian dari kebutuhan organisasi dalam rangka peningkatan kapasitas karir pegawai.

“Pelantikan pejabat ini dimaksudkan untuk lebihmemperlancar tugas-tugas pelaksanaan pemerintahan dan pelayanan publik,”jelas Priskodesi usai melantik 25 pejabat, Senin (21/1) di ruang Bina Praja Pemkab Mura.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, jabatan adalah kedudukan yang menunjukkan fungsi, tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak seorang pegawai ASN dalam suatu satuan organisasi. Dimana, dalam pengisian jabatan haruslah berdasarkan pada pengetahuan, ketrampilan dan sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis Jabatan.

“Pelantikan ini hendaklah dimaknai terutama dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu, pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja dan penyelenggaraan tugas serta pelayanan yang maksimal,”terangnya.

Menurutnya, pertimbangan utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai dilakukan adalah kompetensi, pengabdian dan komitmen terhadap tugas serta tanggung jawab kepada Negara.

“Saya yakin berdasarkan profesionalisme yang pengalaman dimiliki dan semua tantangan yang ada akan dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya,”pintanya.

Selain itu, Mantan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Mura ini menekankan pejabat yang dilantik dapat meninggalkan mental Priyayi atau penguasa. Melainkan, menjadi Birokrat yang melayani dan mengabdi sepenuh hati untuk kejayaan dan kesejahteraan rakyat dengan menjaga kode etik profesi dan pedomani sumpah jabatan.

“Pegang teguh komitmen Panca Prasetya Korpri. Buktikan kepada masyarakat bahwa integritas dan kinerja aparatur negara semakin berkualitas dan dapat dibanggakan,”paparnya.

Selain itu, Khusus bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Mura fungsi dan tugas telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Sehingga, diharapkan kepada Pejabat yang baru dilantik dapat meningkatkan disiplin, dedikasi dan loyalitas sebagai jati diri dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara dengan mengembangkan cara berpikir yang sederhana namun menyentuh dan berpengaruh nyata terhadap percepatan pembangunan.

“Intinya patuhi aturan yang berlaku dan segala bentuk perintah kedinasan, hindari dan jangan lakukan pelanggaran sekecil apapun dan tingkatkan kinerja dengan semangat AK5 untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat secara cepat, akurat, murah dan mudah dengan prinsip melayani dan bukan dilayani, demi tercapainya Visi dan Misi Kabupaten Mura menuju Mura Sempurna 2021,”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mura, H Rudi Irawan Ishak didampingi Kabid Mutasi dan Kepangkatan Amin Subagja, menjelaskan bahwa dari 25 pejabat yang dilantik tersebut 8 diantaranya merupakan pejabat Administrator (Esselon III) atau Kabid dan16 lainnya merupakan esselon I atau Kepala Seksi, Kasubag dan pelaksana beberapa Kedinasan.

“Untuk diketahui delapan Kabid yang dimutasi yakni Ediyansah sebelumnya pelaksana pada staf ahli Bupati dilantik menjadi Kabid Pelatihan Kerja dan Produktivitas Kerja Disnakertrans Mura, Fatimah sebelumnya Kabid Pemberdayaan Masyarakat, Kelembagaan dan Usaha Ekonomi Masyarakat DPMD Mura dilantik menjadi Kabid Perdagangan Disperindag Mura, M Jen sebelumnya Kabid Perdagangan Disperindag Mura dilantik menjadi Kabid Pengelolaan Pasar Disperindag Mura, Darmadi sebelumnya Kabid Pengelolaan Pasar Disperindag Mura dilantik menjadi Kabid Pemberdayaan Masyarakat, Kelembagaan dan Usaha Ekonomi Masyarakat DPMD Mura, Ahmad Romzah sebelumnya Kabid Distribusi Pangan DKP Mura dilantik menjadi Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Mura, Handika Kurniawan sebelumnya Kabid Pertamanan, Kebersihan dan Kelistrikan DPUCK-TR Mura dilantik menjadi Kabid Perindustrian Disperindag Mura, A Insan Setiawan sebelumnya Kabid Perindustrian Disperindag Mura dilantik menjadi Kabid Pertamanan, Kebersihan dan Kelistrikan DPUCK-TR Mura dan terakhir Darli AS sebelumnya Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Mura dilantik menjadi Kabid Distribusi Pangan DKP Mura,”pungkasnya. (HS-03)