Di Empat Lawang, PT Medco Masih Tahap Eksplorasi

Google Images.

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTST) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Empat Lawang memastikan bahwa PT Medco saat masih dalam proses Eksplorasi dan belum melakukan eksploitasi.

“Beberapa waktu lalu kita sudah mengikuti rapat di Palembang dengan PT Medco namun baru sebatas eksplorasi belum eksploitasi,” ujar Kepala DPMPTST Empat Lawang, M Mursadi kepada wartawan, Kamis (11/7/2019).

Lokasinya lanjut Mursadi, di Desa Sugiwaras Kecamatan Tebing Tinggi tepatnya jalur Sungai Jernih sampah Sugiwaras berbatasan dengan wilayah Kabupaten Lahat. 

“Medco saat ini masih eksplorasi mencari potensi sumur minyak, kemungkinan ada tiga sumur titik minyak yang berpotensi,” imbuhnya.

Ditemui terpisah, Kepala DLH Kabupaten Empat Lawang, Munfajir Ghozali melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pencemaran Lingkungan Hidup (PPLH) Dading Purwadi membenarkan hal tersebut. Dikatakanya, PT Medco saat ini dalam tahap Eksplorasi hanya saja sudah menentukan titik koordinat untuk sumur minyak.

“Rencananya untuk wilayah Empat Lawang terakhir mulai dieksploitasi, rencana mereka (PT Medco) didahulukan Wilayah Lahat dan Musi Rawas,” katanya.

Mengenai Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) lanjut Dading, masih dalam proses pembahasan dan perusahaan mengurusi dokumen AMDAL di tingkat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel dan DLH Empat Lawang dalam hal ini juga ikut dilibatkan dalam pembahasannya.

“AMDAL-nya pembahasannya di provinsi kita tetap dilibatkan dalam proses pembahasan,” ujar Dading. (HS-05)