Dispar Adakan Pemilihan BGL 2019

108
FOTO : NET
Ilustrasi
Advertisement

*Pergantian Nama Lewat Rapat Bersama

Silampari Online,

LUBUKLINGGAU– Tahun ini, Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Lubuklinggau kembali mengadakan pemilihan duta wisata. Kali ini nama event ini berganti menjadi pemilihan Bujang Gadis Linggau (BGL) Tahun 2019.

Beda, dengan pelaksanaan tahun sebelumnya. Pemilihan ini bernama Bujang Dere Linggau (BDL). Tahun 2019 berganti nama. Usut punya usut, ternyata pergantian nama event ini telah melalui rapat bersama. Antara pihak Dispar dengan budayawan H Suwandi, Ketua Pemangku Adat Kota Lubuklinggau H Abunawas, perwakilan Dewan Kesenian Kota Lubuklinggau. Musyawarah itu berlangsung di kantor Dispar Kota Lubuklinggau di kawasan Bukit Sulap, Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II pada pertengahan Maret 2019 lalu.

Kadispar Kota Lubuklinggau, H Luthfi Ishak membenarkan hal tersebut. “Hasil pertemuan itu memutuskan menggunakan nama Bujang Gadis Linggau atau BGL. Dan, hasil keputusan ini telah disampaikan kepada Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe,” jelas Luthfi, sapaannya saat dihubungi Harian Silampari, Rabu (8/5).

Menurut Luthfi, terungkap dalam pertemuan itu kata-kata Dere itu tidak ada, yang ada kata Deghe.

“Di Lubuklinggau sendiri sebutannya identik dengan Gadis. Dalam pertemuan juga diungkapkan pada acara adat Mandi Kasai itu, untuk sebutannya menggunakan kata Ketua Bujang atau Ketua Gadis, dan tidak ada penyebutan Ketua Dere. Dengan demikian namanya menjadi Gadis bukan Dere, dan ini pun disepakati bersama,” ungkap Luthfi membenarkan setelah dilaporkan ke Walikota mengenai pergantian nama pemilihan duta wisata menjadi BGL, maka Walikota menyetujuinya.

Luthfi juga mengajak remaja putra putri di Kota Lubuklinggau untuk mengikuti ajang ini. Silakan mendaftarkan diri ke Ras Foto dengan mengikuti syarat yang sudah ditetapkan panitia dari Dispar Kota Lubuklinggau.(HS-09)