Dosen STKIP Beri Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah

    160
    FOTO : ELPAN/HARIAN SILAMPARI
    FOTO BERSAMA : Usai melaksanakan pelatihan Penulisan Karya tulis ilmiah, Narasumber dan peserta melakukan foto bersama.
    Advertisement

    Silampari Online,

    MUSI RAWAS– Dosen STKIP PGRI Lubuklinggau melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang cara-cara menulis karya ilmiah pada jurnal ilmiah serta menghasilkan karya ilmiah berupa naskah/artikel tentang pendidikan untuk diterbitkan pada Jurnal-jurnal ilmiah baik lokal maupun nasional.

    Kegiatan yang dilaksanakan pada Desember 2018 lalu di SMP Negeri Pedang diikuti 25 peserta yang merupakan kelompok mitra Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kabupaten Musi Rawas.

    Sedangkan yang menjadi pemateri adalah empat dosen STKIP PGRI Lubuklinggau yakni Mareta Widiya, Yuni Krisnawati, Nopa Nopiyanti dan Ahmad Gawdy Prananosa.

    Dijelasakan Mareta, alasan mereka mengadakan kegiatan tersebut karena masih banyaknya guru-guru IPA SMP Kabupaten Musi Rawas belum memiliki motivasi untuk memproduksi karya tulis ilmiah, karena faktor belum memiliki pengetahuan dan ketrampilan menulis yang memadai. Padahal karya tulis ilmiah merupakan salah satu tugas yang harus dipenuhi guru untuk mengukur kinerja yang dilakukan.

    “Selain itu karya tulis ilmiah juga untuk membantu kenaikan pangkat guru,”ujar Mareta.

    Adapun materi yang diberikan kepada peserta pelatihan yakni meliputi 1. Pendahuluan (Latar belakang, Rumusan masalah, Tujuan, Ruang lingkup). 2. Kajian Pustaka dan teknik sitasi (Uraian Variabel). 3. Metode (Jenis, Teknik Pengumpulan Data, Analisis Data). 4. Latihan Penerbitan artikel dan Open Journal Systems. 5. Praktik penulisan karya tulis ilmiah.

    “Alhamdulilah, pelatihan penulisan karya tulis ilmiah ini berjalan dengan baik dan guru-guru MGMP IPA sangat antusias mengikuti kegiatan ini,”ungkap Mareta.

    Usai pelatihan, ada respon positif dari para peserta kelompok MGMP IPA, dimana ingin mempunyai jurnal tersendiri, dan meminta bantuan dari pihak tim pengabdian STKIP PGRI Lubuklinggau agar dapat membimbing dalam pembuatan jurnal lokal tersebut.

    “Mereka telah menunjukan rasa semangat untuk berubah menjadi lebih baik,dan kita harapan kedepan akan banyak karya tulis ilmiah diciptakan,”harapnya.

    Sementara itu Ketua MGMP IPA Musi Rawas, Surono berharap acara pelatihan dari para dosen STKIP PGRI Lubuklinggau ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dengan ruang lingkup yang lebih besar lagi. Begitupun disampaikan Trisanti sebagai perwakilan Dinas Pendidikan Mura berharap kedepannya jurnal tersebut dapat segera terealisasi.

    “Sungguh kita merasa senang bisa mendapatkan pelatihan semacam ini , kita berharap kelompok MGMP IPA kedepannya dapat diberikan pelatihan secara berkelanjutan,”pungkasnya.(HS-02)