Satu Untuk Semua

DPRD Muratara Gelar Rapat Paripurna

# Peringati Hari Jadi Kabupaten Muratara

Silampari Online,

MURATARA- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), menggelar rapat Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Muratara yang ke-5 bertempat di gedung DPRD Muratara, Senin (11/6).

Paripurna DPRD Muratara, dalam rangka HUT Kabupaten Muratara 2018 dengan tema ‘semangat peringatan hari jadi ke-5 Kabupaten Muratara, kita wujudkan kerja sama, nyata, berkualitas dan transparan menuju Musi Rawas Utara Bangkit. Kita sukseskan pelaksaan Pulkada serentak dan asian games XVIII’.

Rapat Paripurna merupakan puncak dari Serangkaian kegiatan dalam memperingati hari jadi Kabupaten Muratara yang ke-5 tahun 2018. Sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 08 tahun 2016 tentang hari jadi Kabupaten Muratara, bahwa secara resmi ditetapkan pada tanggal 11 Juni merupakan hari berdirinya Kabupaten Muratara.

Rapat Paripurna Dipimpin oleh Ketua DPRD Muratara, Efriyansah S.sos, didampingi oleh Wakil Ketua I, Hendri, Wakil Ketua II, HA Sadak dan dahadiri juga oleh pejabat Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat, Wakil Bupati Muratara, H Devi Suhartoni, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, Serta Anggota Dewan dari Komisi I sampai dengan Komisi III, DPR RI, DPRD Provinsi, TNI, POLRI, Organisasi Perangkat daerah (OPD), Dan Forum Kordinasi Perangkat Daerah (FKPD).

Seperti biasa Rapat Paripurna memperingati hari jadi Kabupaten Muratara sebagai momentum untuk terus membenahi Kabupaten Muratara baik Infrastruktur, Pembangunan dan lain-lain.

Tahun 2018 merupakan Tahun politik bagi Kabupaten Muratara karena pada Juni mendatang kita akan memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel yang nantinya akan memimpin Provinsi Bengkulu lima tahun yang akan datang.

Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat mengatakan atas nama Masyarakat Muratara dan Pemerintah Daerah, mengucapkan selamat datang para tamu undangan di peringatan hari jadi Kabupaten Muratara yang ke-5 dengan tema kita wujudkan kerja sama, nyata, berkualitas dan transparan menuju Musi Rawas Utara Bangkit.

Dengan tema tersebut, tentunya ia katakan bahwa Muratara mempunyai komitmen yang kuat dari semua stekholder untuk meningkatkan capaian pengurangan angka tingkat pengganguran terbuka 6.11 persen tertinggi ke-3 dari kabupaten/kota se-Sumsel.

“Angka indek pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Muratara 62.32 persen yang mengalami peningkatan 0.73 persen sejak tahun 2016. Sementara angka kemiskinan mengalami penurunan 0.1 persen dari tahun 2016. Tentu capaian ini masih peringkat ke 16 dari Kabupaten/kota Se-Sumatra Selatan,” Jelas dia.

Untuk itu pada saat ini pihaknya fokus pada insfratruktur dasar, jalan, jembatan, air bersih, sinitasi dan listrik lingkungan, serta Keseshatan dan Pendidikan. Dilanjutkanya, bahwa pemerintah awal tahun 2018 membangunjalan sepanjang 524 M dengan jenis permukaan aspal baik. “Sementara pembangunan jaringan listrik awal 2016 terdapat 64 desa teraliran listrik dan awal 2018 tinggal 1 desa yang tidak dialiri listrik dari 82 desa 7 kelurahan dan 7 kecamatan. Target kami akhir 2018 setiap desa masuk listrik,” jelasnya.

Tak hanya itu, pemerinrah juga pokus dalam bidang pertanian memanfaatkan lahan tidur atau lahanbterlantar masyarakat. Sebagai masukan pendapatan bagai masyarakat selain karet dan sawit.

“Disisi lain pemerintah juga telah membangun SDM muratara yang berakhlakul karimah dengan mengirim 300 putra-putri muratara agar hafiz quraan di pondok-pondok pesantren ternama di Indonesia,” jelas ia.

Lebih lanjut ia katakan, untuk anak-anak suku dalam juga akan mendapatkan pendidikan dimana akan baru dimulai pembangunan asarama SAD. “Termasuk pembangunan dalam bidang pelayanan pada masyarakat juga kita fokuskan seperti kesehatan,” jelasnya.

lanjut dia, oleh karena itu, keberhasilanan pembangunan tidak lain adalah untuk mewujudkan masyarakat yang makmur, aman, cerdas dan bermartabat menuju muratara bangkit 2021.

Sementara itu, Ketua DPRD Muratara, Efriyansyah mengatakan Kabupaten Muratara bisa menjadi Kabupaten yang aman dan bermartabat serta makmur. Dan kami berharap apabila ada yang kurang baik di tahun kemarin semoga di tahun menjadi lebih baik.

“Dimana dengan peringatan HUT Kabupaten Muratara ini sebagai momentum, apresiasi pelaku sejarah sebagai pembangunan. Yang merupakan sebagai DOB Muratara,” jelas ia.

Sedangkam, Gubernur H. Alex Nuerdin dalam sambutanya, mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Muratara yang ke-5. “Semoga menjadi kabupaten masyarakatnya yang makmur, aman, cerdas dan bermartabat,” ungkap Alex.

Selain itu, dirinya menghimbau bahwa ditahun 2018 Sumatra selatan akan menjadi tuan ruma asian games untuk itu perlunya dukungan lapisan masyarakat. “Sebagai even terbesar dibidang olahraga di Asia sumsel harus zero konflik. Dan ditahun politik pemilihan gubernur dirinya mengharapkan agarvmasyarakat jangan sampai salah pilih pemimpin,” pungkasnya. (HS-04)

Komentar
Loading...