Eka : Golkar Ketua, Gerindra dan PDIP Wakil Ketua

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : NET</div></small>Ilustrasi

Silampari Online,

LUBUKLINGGAU-Hasil perolehan suara pemlihan legislative (Pileg)
2019 di Kota Lubuklinggau menempatkan Partai Golkar teratas. Hal ini berdasarkan penghitungan reelcount C1 yang disampaikan ke KPU.RI

Muat Lebih

Dikatakan Pengamat Politik Eka Rahman , terbukti setidaknya 3 (tiga) caleg terpilih dari Partai Golkar adalah New Comer (pendatang baru) dan hanya menyisakan 2 (dua) orang incumbent di dapil 2 dan dapil 4.

Meski kemungkinan Partai Gerindra dan PDIP bisa meraih kursi yang sama sebanyak 5 (lima) kursi di DPRD Kota Lubuklinggau. Namun kemungkinan kursi ketua DPRD masih akan tetap menjadi milik Partai Golkar, karena memiliki jumlah 5 (lima) kursi plus perolehan suara terbanyak tingkat kota.
“Partai Gerindra dan PDIP hanya menduduki wakil ketua 1 dan wakil ketua 2. Dengan catatan, jika Gerindra dan PDIP beroleh 5 kursi yang sama, maka wakil ketua 1 menjadi milik Gerindra,”kata Eka.

Menarik adalah bagaimana skema perolehan suara, dimana ada beberapa parpol beroleh 5 kursi parlemen dan lebih dari 1 parpol beroleh 4 kursi. Termasuk juga ada parpol yang pemilu 2014 memiliki kursi di DPRD, namun pada pemilu 2019 tidak lagi beroleh kursi legislatif.

Pada saat yang sama, munculnya figur-figur caleg terpilih yang merupakan wajah baru menunjukkan bahwa sirkulasi elit politik tingkat lokal begitu ketat, dimana incumbent yang tidak mempersiapkan diri secara maksimal bisa tergeser oleh caleg wajah baru yang mampu mengelola potensi keterpilihannya secara maksimal.
“Jika harus menyebut nama, saya pikir H. Rodi Wijaya sebagai Ketua DPD Golkar diprediksi akan kembali memduduki kursi Ketua DPRD di susul oleh Hendri Juniansyah sebagai Waka 1 dan Suyitno (atau bisa jadi H. Rustam Effendi) sebagai Waka 2. Jika skenario itu yang terjadi, maka pada unsur pimpinan mempertahankan 2 orang incumbent yaitu H Rodi Wijaya dan Suyitno, serta menampilkan seorang wajah baru yaitu Hendri Juniansyah sebagai Waka 2,”pungkasnya.(HS-02)