Satu Untuk Semua

Empat Lawang Terbaik ke-2 Kinerja Pelaksanaan Dana Desa se-Sumsel

Silampari Online,

EMPAT LAWANG- Kabupaten Empat Lawang, berhasil meraih penghargaan sebagai daerah dengan Kinerja Pelaksanaan Dana Desa (DD) terbaik ke-2 tahun anggaran 2017 tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dari Kementerian Keuangan RI melalui Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumsel.

Pengambilan penghargaan itu sendiri diwakilkan kepada dua kepala desa (Kades) yakni Kades Talang Durian Kecamatan Talang Padang dan Kades Muaralintang Baru Kecamatan Pendopo Barat, saat Rapat koordinasi penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa TA 2018 lingkup provinsi Sumsel di Palembang, Selasa (7/8).

Penghargaan tersebut, diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi, Sudarso yang dihadiri oleh BPKAD, DPMD, Inspektorat dan Kepala Desa se-Sumsel.

Diketahui, hasil penilaian dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi untuk Kategori Kinerja Pengelolaan Dana Desa tahun anggaran 2017 yaitu, peringkat 1 diraih Kabupaten OKI, peringkat 2 diraih Kabupaten Empat Lawang dan peringkat 3 diraih Kabupaten OKU Selatan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Kabupaten Empat Lawang, Agus Rochmat Basuki melalui Kabid Pemdes, Agusman Mulyadi didampingi Kasubid Pemdes, Alpianto membenarkan Empat Lawang berhasil meraih penghargaan terbaik ke-2 se-Sumsel.

“Ya, kemarin rekan kita yang berangkat ke Palembang bersama dengan Kepala Desa Talang Durian Kecamatan Talang Padang dan Desa Muara Lintang Baru Kecamatan Pendopo Barat yang menerima penghargaan tersebut,” ungkap Alpian, Kamis (9/8).

Memang menurut Alpian, penghargaan yang diterima ini dari segi perpajakan Dana Desa, berdasarkan pastisipasi pajak Dana Desa di Empat Lawang termasuk tinggi sekitar 90 persen. Tentunya hal inilah yang menjadi indikator kenapa Empat Lawang meraih penghargaan terbaik kedua se-Sumsel. “Yang dinilai oleh Kanwil Sumsel adalah pajak dana desa 2017-2018 dan penilaian berdasarkan incam pajak,” katanya.

Bukan itu saja masih kata Alpian, sebenarnya memang dalam mekanisme pencairan Dana Desa dilakukan aturan yang ketat sehingga membuat para Kepala Desa taat dalam pajak penggunaan Dana Desa. “Kemarin memang kita ketatkan aturan dalam mekanisme pencairan dana desa sehingga Kepala Desa patuh terhadap pajak Dana Desa,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Talang Durian Kecamatan Talang Padang, Paizil dan Kepala Desa Muara Lintang Baru, Lutfi Budi Purnomo saat dikonfirmasi membenarkan ikut hadir mewakili Empat Lawang dalam penerimaan penghargaan di Palembang.

“Kami berdua Kepala Desa yang hadir mewakili Empat Lawang dalam acara penyerahan penghargaan itu,” ujarnya.

Mereka merasa bersyukur Empat Lawang berhasil mendapatkan penghargaan dalam bidang pajak dana desa, artinya pengelolaan Dana Desa di Empat Lawang setidaknya sudah berangsur membaik. “Kami yang jelas bangga Kabupaten Empat Lawang berhasil meraih penghargaan terbaik kedua se-Sumsel,” katanya. (HS-05)

Komentar
Loading...