Gelapkan Motor Ayah Angkat, Residivis Penipuan Dibui

SILAMPARI ONLINE

MUSI RAWAS– Spesialis terduga penggelapan kendaraan, Agus Rohadi (25) warga Desa Sumber Jaya Kecamatan Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas (Mura) masuk penjara setelah ditangkap oleh korban dan warga hingga diserahkan kepolisian, Rabu (26/6) Sekitar Pukul 14.00 Wib. Perkara yang membuat tersangka keseharian sebagai petani ini yang membawanya keranah hukum yakni diduga menggelapkan sepeda motor, Sutimin (56) warga Kecamatan Sukakarya yang tidak lain ayah angkat tersangka. Kejadian penggelapan terjadi di kolam korban di Kecamatan Sukakarya Kabupaten Mura Sekitar Pukul 12.00 Wiib, Kamis (13/6).

Kapolres Mura, AKBP Suhendro melalui Kapolsek Terawas, Iptu Arpan saat dikonfirmasi membenarkan, telah meringkus Agus karena terlibat dengan perkara penggelapan. “Tersangka ini merupakan spesialis perkara penggelapan kendaraan, terbukti dari laporan yang masuk, sudah melakukan aksinya lebih dari satu kali bahkan lima kali,”jelas Arpan, Minggu (30/6).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, perkara penggelapan dilakukan tersangka bermula saat tersangka datang menemui korban di kolam milik korban. Kemudian ada perbincangan antara tersangka dan korban. “Usai berbincang-bincang dengan korban, tersangka meminta izin kepada korban untuk meminjam sepeda motor karena ingin membeli busi dan menolong temannya yang motornya mogok ditengah jalan,” terangnya.

Kemudian, korbanpun meminjamkan sepeda motornya dan setelah beberapa saat ditunggu tersangka tak kunjung datang untuk mengembalikan sepeda motornya hingga keesokan harinya. Selanjutnya, korban berinisiatif untuk datang kerumah tersangka sesampainya dilokasi, korban tidak bertemu dengan tersangka dan hanya bertemu dengan ibu kandung tersangka.”Lalu korban pun bertanya kepada ibu tersangka, dimana keberadaan tersangka,”bebernya. Hanya saja, ibu tersangka mengatakan bahwa dirinya tidak mengetahui keberadaan tersangka yang sudah lama tidak pulang kerumah. Sehingga, Karena tidak ada kejelasan korbanpun melaporkan kejadian yang dialaminya ke Mapolsek Terawas. “Akibat kejadian tersebut, korban kehilangan satu unit Motor Honda Beat tahun 2016 Nopol BG-2959-HT, warna merah putih,”akunya.

Menurutnya, tersangka diringkus saat anggota mendapat informasi melalui telpon dari korban yang mengatakan bahwa tersangka sedang berada di kolam ikan milik temannya di Desa Suko Rejo. Kemudian, anggota langsung meluncur kelokasi, saat tiba dilokasi ternyata tersangka sudah di bawa korban ke rumah Kepala desa Suka Karya. “Anggota segera menemui korban berikut tersangka. Setelah itu tersangka segera diamankan oleh anggota di Mapolsek Terawas untuk dimintai keterangannya,”timpalnya.

Terlepas dari itu, berdasarkan hasil introgasi tersangka mengakui perbuatannya dan ternyata tersangka merupakan anak angkat korban. Selain itu, motor korban telah dijual oleh temannya EN dan tersangka mendapatkan uang senilai Rp2 juta. Selain itu, tersangka sudah melakukan penggelapan atau penipuan sepeda motor di wilayah hukum Polres Mura sebanyak tiga kali diantaranya, di Desa Sri Mukti satu kali, Sumber Harta satu kali dan Tugumulyo satu kali. Sedangkan diluar daerah dua kali yakni diwilayah hukum Polresta Palembang satu kali penggelapan satu unit Mobil Ayla yang dilakukannya sekitar tiga bulan lalu dan di Curup satu kali yaitu penggelapan sepeda motor. “Intinya tersangka ini merupakan residivis perkara penggelapan baik didalam daerah maupun diluar daerah,”pungkasnya. (HS-03)