Gelar Bimtek Bagi Saksi Parpol

    57
    FOTO : ISTIMEWA
    Ketua Bawaslu Kabupaten Mura, Oktureni Sandhra Kirana
    Advertisement

    Silampari Online,

    MUSI RAWAS– Badan Pengawas Pemillihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Musi Rawas (Mura) dalam waktu dekat akan menggelar Bimbingan Tekhnis (Bimtek) bagi para saksi Partai Politik (Parpol). Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pembekalan bagi para saksi terkait apa yang diperbolehkan ataupun tidak ketika dalam penyelenggaraan Pemilu mendatang.

    Ketua Bawaslu Kabupaten Mura, Oktureni Sandhra Kirana mengatakan, bahwa penyelenggaraan bimtek saksi parpol ini sebagaimana amanat undang-undang (UU) nomor 7 tahun 2017 pasal 351 tentang Pemilu.

    “Sebelum bimtek para saksi parpol juga diminta untuk menyerahkan data diri ke Bawaslu pada 15 Maret hingga 10 April mendatang,” jelas Reni sapaan akrabnya kepada Harian Silampari, Kamis (14/3) di ruang kerjanya.

    Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bimtek ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan terkait tentang apa yang hak dan larangan bagi para saksi parpol itu sendiri dalam perhelatan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

    “Kami tidak menginginkan adanya pelanggaran bagi para saksi parpol. Sehingga, untuk itu maka kita berikan pengetahuan dan pembekalan hak dan larangan mereka,” terangnya.

    Menurutnya, pelaksanaan bimtek bagi saksi parpol ini dilakukan untuk pembekalan soal tugas saksi saat pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2019 nanti.

    “Mengingat jumlah saksi dari 16 parpol peserta Pemilu yang begitu banyak. Maka kita ingin mereka mengetahui tugasnya,” bebernya.

    Terlepas dari itu, dengan terselenggaranya kegiatan ini tentunya pihak Bawaslu juga mengharapkan dukungan parpol demi suksesnya bimtek saksi dengan memasukan nama-nama saksi ke Bawaslu selambat-lambatnya 10 April mendatang.

    “Intinya materi yang akan kita berikan yakni seputar tentang proses pemungutan suara dan penghitungannya di TPS,” pungkasnya. (HS-03)