Satu Untuk Semua

Genjot Infrastruktur Demi Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat

#Penggunaan DD Jaya Bhakti Direalisasikan Sesuai Skala Prioritas

Silampari Online,

Kades Jaya Bhakti Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Mura, Edi YKd didampingi istri sekaligus Ketua TP PKK Desa Jaya Bhakti, Yusni Kumala Dewi, S.Pd
Semangat untuk membangun Desa ditunjukkan oleh Kepala Desa (Kades) Jaya Bhakti Kecamatan Tuah Negeri khususnya dalam pengelolaan Dana Desa (DD) sesuai skala prioritas kebutuhan masyarakat. Bahkan, kucuran bantuan dari Anggaran Pembangunan Belanja Negara (APBN) tersebut sebagian besar direalisasikan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di setiap pelosok dusun demi memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Kepala Desa (Kades) Jaya Bhakti Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas (Mura), Edi YKd mengatakan, bahwa penyerapan DD yang digelontorkan oleh Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura merupakan salah satu program nyata. Dimana, pembangunan yang berbasis pemberdayaan warga ini sangat menyentuh kepada masyarakat arus bawah dan sangat bermanfaat dalam menopang kemajuan ekonomi masyarakat.

“Untuk besaran DD ditahun 2018 Desa Jaya Bhakti yakni sebesar Rp958.066.000 yang kesemuanya sudah direalisasikan,”jelas Edi kepada Harian Silampari, Jum’at (11/1).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa dalam penggunaan DD tersebut direalisasikan untuk bidang pembangunan Desa dan pemberdayaan masyarakat Desa. Dimana, untuk bidang pembangunan direalisasikan berbagai infrastruktur diantaranya, Plat Deuker, Sarana Olahraga atau joging track, Pasar Desa dan Sekretariat Desa yang terdiri dari Sekretariat PKK, Bumdes, PKWT dan Karang Taruna.

“Disamping itu dana ini juga direalisasikan untuk membangun Drainase, Paving Block halaman PAUD, Jambanisasi dan Tanda Batas Desa,”terangnya.

Menurutnya, kegiatan bidang pembangunan tersebut tidak serta merta begitu saja. Melainkan, hasil musyawarah Desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Seperti, Paving Block halaman PAUD karena becek setelah diguyur hujan, jambanisasi agar tidak ada warga lagi yang buang air besar (BAB) sembarangan, pembangunan sekretariat untuk menunjang aktivitas masing-masing lembaga tersebut.

“Kalau pembangunan Drainase sepanjang 470 meter baik di Dusun II dan III karena sering banjir dan air meluber ke jalan, tapal batas Desa Jaya Bhakti dan Lubuk Rumbai untuk mengantisipasi klaim wilayah, sarana olahraga menunjang kegiatan olahraga dan terakhir plat deuker di Dusun IV karena mencegah terjadinya banjir,”bebernya.

Selain itu, pembangunan yang menggunakan Dana Desa (DD) ini merupakan untuk menunjang pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat dalam pencapaian peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Pembangunan fasilitas ini untuk mengurangi tingkat kesenjangan sosial agar masyarakat Desa dapat menikmati insfrastruktur yang layak dan merata sehingga dapat menunjang tingkat kesejahteraan ekonomi masyarakat kedepannya,”paparnya.

Terlepas dari itu, dengan masuknya sentuhan pembangunan di setiap Dusun dan Kampung maka diharapkan akan mempermudah akses masyarakat. Sehingga secara otomatis dapat meningkatkan aktivitas perekonomian masyarakat setempat. Bahkan, manfaat pembangunan infrastruktur yang layak sudah dirasakan oleh masyarakat Desa.

“Intinya Pemerintah Desa Jaya Bhakti mampu memenuhi target yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat juga Pemerintah Daerah untuk menyerap anggaran DD guna pembangunan infrastruktur agar dapat memberikan manfaat yang nyata bagi perbaikan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat Jaya Bhakti khususnya,”pungkasnya. (HS-03)

Komentar
Loading...