Hanya 4 SMP yang UNBK

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : FAHRUROZI/HARIAN SILAMPARI</div></small> Rita Purwaningsi Kadisdikbud Empat Lawang

Silampari ONline,

EMPAT LAWANG – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Empat Lawang, Rita Purwaningsih mengatakan, dari 35 Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kabupaten Empat Lawang hanya ada 4 sekolah yang menggunakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“SMP 1, SMP 2 Tebing Tinggi, SMP 1 Talang Padang dan SMP 1 Pendopo Induk, sisanya masih ujian menggunakan kertas,” ujarnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (21/1).

Dijelaskan Rita, untuk SMP 1 Tebing Tinggi baru pertama menggelar UNBK, SMP 2 sudah dua kali. Sementara SMP 1 Talang Padang sudah tiga dan SMP 1 Pendopo Induk baru pertama.

“Ujian UNBK pada tanggal 22- 25 April nanti. Sebelum melakukan UNBK di sekolah masing-masing. Pihak sekolah biasanya akan melakukan simulasi UNBK pertama dan yang terakhir ketiga sesuai jadwal dengan sekolah masing-masing,” ungkap Rita yang sudah satu tahun menjabat Kepala Disdikbud Empat Lawang.

Saat ditanya kendala apa saja menjelang pelaksanaan UNBK, Rita mengatakan kurangnya sinyal, server, laptop dan seringnya listrik padam.

“Ya, kalau untuk server dan laptop pihak sekolah tentunya sudah mempersiapkannya. Kalau untuk seringnya lampu padam. Pihaknya akan mengirimkan surat pada saat UNBK di wilayah yang melaksanakan UNBK untuk tidak di padamkan terlebih dahulu,” jelas Rita yang sudah sembilan tahun menjadi seorang guru.

“Nah, untuk kendala sinyal memang sedikit kesulitan. Tapi biasanya kalau listrik padam sinyal pun akan sulit tapi kalau listrik tidak padam sinyal akan tetap ada,” pungkas Rita yang Alumni S2 Universitas Bina Darma ini.(HS-05)