Satu Untuk Semua

Hanya Butuh Copy KK dan KTP Saja

Silampari Online,

EMPAT LAWANG- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Empat Lawang, kembali meminta Pemerintah Kelurahan Kelumpang Jaya, segera mengumpulkan photocopy KK dan photocopy KTP warga di kelurahan itu, agar dapat segera diperbaiki data kependudukan di kelurahan itu.

Sebelumnya diketahui, KK dan KTP warga di kelurahan itu, masih beralamat Desa Lubuk Kelumpang Kecamatan Saling dan selain itu, beberapa warga yang bermukim di kelurahan itu, masih beralamat Kelurahan Pasar dan Tanjung Makmur Kecamatan Tebing Tinggi.

Hal ini lantaran kelurahan itu sejak diresmikan menjadi wilayah keluarahan baru beberapa tahun lalu, belum dirubah data kependudukannya di pusat, meski sudah mengantongi Perda sebagai wilayah kelurahan baru hasil pemekaran gabungan dua wilayah kelurahan dan desa di Kecamatan Tebing Tinggi.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Empat Lawang, Okki Bial Peterson melalui Kabid Pengelolaan Informasi Admistrasi Kependudukan (PIAK) Disdukcapil Kabupaten Empat Lawang, Iskandar M mengatakan, untuk merubah data kependudukan di Kelurahan Kelumpang Jaya, pihaknya memerlukan data ril kependudukan di kelurahan itu. Untuk itu pihaknya meminta pihak kelurahan segera mengumpulkan photocopy KK dan photocopy KTP warga di kelurahan itu, agar dapat segera diperbaiki data kependudukannya.

“Tidak usah yang asli, kita hanya butuh copy KK dan KTP-nya saja. Yang asli itu nanti akan ditarik jika sudah dikeluarkan KK dan KTP yang baru, kalau saat ini kita hanya butuh copy-nya saja,” jelas Iskandar.

Diuraikannya, status kode wilayah Kelurahan Kelumpang Jaya sudah ada dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) bahkan baru keluar namun yang saat ini jadi kendala ada pada KTP dan KK warga Kelurahan Kelumpang Jaya itu sendiri.

“Namun hal itu sudah mendapatkan saran langsung dari Dirjen di Kemendagri beberapa waktu lalu, agar dilakukan pemisahan penduduk Kelurahan Kelumpang Jaya dengan Desa Lubuk Kelumpang jadi di KTP dan KK warga nanti bisa segera di lakukan perbaikan,” jelas Iskandar.

Menurut dia, saran dari Dirjen, agar dimintai fotocpy KTP dan KK warga yang dikumpulkan oleh Lurah melalui RT dan RW, nanti pihak dari Disdukcapil bisa membawa fotocopy tersebut kepada Kemendagri untuk segera bisa diselesaikan.

“Sudah saya sampaikan kepada Lurah Kelumpang Jaya bahkan dengan RT Ada beberapa sudah saya sampaikan untuk mengumpulkan copy KTP dan KK nantinya, biar nanti kita proses pemisahan penduduk,” bebernya.

Pihaknya sendiri kata Iskandar, sudah berupaya keras bagaimana persoalan admistrasi kependudukan Kelurahan Kelupang Jaya segera diselesaikan. “Karena itu juga kampung saya, tentu saya akan berupaya menyelesaikan masalah ini. Namun kini persoalannya ada di Lurah sendiri, jika mereka cepat kumpulkan copy KK dan KTP warga, maka akan cepat pula proses perubahan admistrasi kependudukan,” tukasanya. (HS-05)

Komentar
Loading...