Satu Untuk Semua

Harga Sawit Kembali Turun

Silampari Online,

MURATARA- Petani kelapa sawit di Kabupaten Muratara keluhkan harga sawit yang kembali turun dari sebelumnya Rp1,7 ribu per Kilogram (Kg) di bulan Ramadan, menjadi saat ini Rp1,17 ribu per Kg dan itupun harga pabrik.

“Saya dengar masyarakat yang menjual sawit di lapak yang berada di desa-desa itu dengan harg Rp7 ratus sampai dengan harga Rp8 ratus saja per Kg. Sementara harga sembako tak pernah turun, yang ada semakin naik,” keluh Rozali Syawal (62), salah petani sawit, Kamis (13/7).

Lanjut mantan kades tersebut, dia sangat khawatir sekali melihat para petani sawit. Bagai mana mau hidup jika harga sawit terus menurun. Dia khawatir, jika harga sawit terus menurun kriminalitas akan bertambah. “Saya berharap ada kebijakan dari pihak pemerintah dalam menyikapi perekonomian pada masyarakt, terkhusus bagi petani karet, karena ini semua menyangkut urusan perut bagi masyarakat banyak,” jelas Rojali.

Senada Arman (37),warga lainnya menyebut, masyarakat tidak akan sejahtera jika harga sawit terus menurun. menurut dia tidak hanya harga sawit yang menuru, harga karetpun tak kunjung naik, sementara penghasilan masyarakat di kabupaten Muratara itu rata-rata bergantung sawit dan karet.

“Saya juga berharap, ada semacam kepedulian pemerintah terhadap masyarakat, jika perekonomian masyarakat meningkat tentunya keamanan akan terjaga dengan sendirinya,” kata dia. (HS-04)

Komentar
Loading...