Hijaukan Lingkungan, Lapas Kelas III Banyuasin Tanam Bibit Pohon

53
Foto bersama Kalapas Klas II A Lubuklinggau, Imam Purwanto dan seluruh Kalapas se-Sumsel, usai kegiatan penanaman pohon,Jumat (23/3/2019). foto istimewa
Advertisement

Silampari Online

BANYUASIN-Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Banyuasin menggelar kegiatan Penghijauan dan Penanaman Pohon di lingkungan Lapas, Jumat (22/03/2019) pagi. Sebanyak 12 batang bibit pohon penghijauan yang ditanam seperti mahoni, nangka, mangga, dan bibit-bibit buah lainnya.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari Hari Bakti Pemasyarakatan Tahun 2019 tanggal 27 april mendatang. Sebelumnya Lapas Banyuasin juga mengadakan donor darah bagi petugas dan warga binaan pada Kamis (21/03) lalu.

Sejumlah tamu undangan yang hadir antara lain, Wakil Bupati Banyuasin, Kakanwil Kemenkumham Sumsel beserta jajarannya, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Seluruh Kepala Lapas se-Sumsel, Dandim Banyuasin, Polres Banyuasin dan Pejabat Pemerintah setempat.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Sudirman D Hury mengatakan, kegiatan ini merupakan suatu inisiatif yang luar biasa. Hal ini mengingatkan kepada kita untuk menjaga alam lebih baik lagi.

“Pohon merupakan sumber oksigen terbesar bagi umat manusia, meskipun sebenarnya semua berasal dari Allah. Kita harus tetap menjaganya, karena Tuhan membenci orang-orang yang melakukan kerusakan di muka bumi,” ungkapnya.

Sedangkan Kepala Lapas Kelas III Banyuasin, Reza Yudhistira Kurniawan mengatakan, penghijauan dan penanaman pohon ini dilaksanakan untuk memaknai Hari Pemasyarakatan.

“Bibit pohon penghijauan yang sudah kita siapkan itu akan ditanam di halaman depan lapas di sisi kanan, karena di sana masih kurang pohon yang menaunginya,” jelasnya.

Selanjutnya menurut rencana, Lapas Banyuasin akan menghijaukan area lahan di belakang lapas dengan menanam beberapa pohon lagi.

Sementara itu Pakde Slamet sapaan akrab Slamet Somosentono, Wakil Bupati Lahat mengatakan, pemerintah Kabupaten Banyuasin mendukung penuh program-program positif seperti ini. Bahkan, untuk mendukung operasional di Lapas Banyuasin Pemkab Banyuasin akan memberikan bantuan mobil Tangki Air, mobil Ambulance, dan mobil operasional lain.

“Insya Allah sepulang saya dari sini, saya akan perintahkan asisten III untuk menindaklanjuti apa yang sudah kami janjikan beberap waktu yang lalu”, ungkap Pakde Slamet. (KHS-02)