Irigasi Sawah Baru Porak Poranda

  • Whatsapp
banner 468x60

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Irigasi Sawah Baru di Kecamatan Talang Padang Kabupaten Empat Lawang, porak-poranda, akibat dihantam air bah dari aliran Sungai Selepah di kecamatan itu, beberapa hari yang lalu.

Muat Lebih

banner 300250

Tidak hanya saluran primer irigasi tersebut yang porak poranda, jembatan hewan peliharaan yang juga menjadi akses para petani setempat menuju perkebunan, dilaporkan juga disapu air bah hingga tidak dapat digunakan lagi.

Akibatnya, puluhan hektar sawah akan berdampak signifikan pada produksi panen kedepannya, karena tidak lagi mendapat pasokan air dari irigasi tersebut.

Kepala Desa (Kades) Talang Padang Kecanmatan Talang Padang Kabupaten Empat Lawang, Ali Murtopo mengatakan, kejadian air bah yang menyebabkan saluran primer Irigas Sawah Baru di desanya itu porak-poranda, terjadi pada Jum’at (21/6/2019) lalu, yang juga nyaris menyapu dua unit rumah warga di Desa Lampar Baru dalam wilayah kecamatan yang sama.

“Ada ratusan hektar sawah dari wilayah desa kita hingga wilayah Desa Macang Manis, yang akan terdampak ambruknya irigasi ini,” ungkap Ali Murtopo kepada wartawan, Senin (24/6/2019).

Menurut Ali, sebelumnya memang pihaknya telah mengkhawatirkan jika saluran irigasi mereka akan jebol. Karenanya, pada pertengahan tahun lalu pihaknya minta dibangunkan bronjong untuk menghindari ambruknya saluran irigasi saat ada luapan sungai. “Kalau di pangkal irigasi, kami bisa gotongroyong. Tapi kalau yang ini kami butuh bantuan pemerintah,” akunya.

Sementara itu, Kabi Rehabiltas dan Rekonstruksi pada BPBD Empat Lawang, Murzal mengatakan, BPBD Empat Lawang sudah melakukan pengecekan ke lapangan dan mendokumentasikan kondisi kerusakan irigasi.

Dari hasil peninjauan kata Murzal, diketahui bagian tengah irigasi patah dan mulut irigasi yang berada Sungai Selepah patah, menyebabkan irigasi kekeringan.

“Rencananya akan kita ajukan kepada Bupati untuk dibuat Bronjong melalui dana BTT. Agar sawah di wilayah Talang Padang bisa kembali menghasilkan dan airnya bisa dinikmati oleh warga desa,” tandasnya. (HS-05)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60