Jalan Ambles Belum Ada Tindakan

97
FOTO : FAHRUROZI/HARIAN SILAMPARI
AMBLES : Kondisi jalan ambles di salah satu titik Jalan Poros Tebing Tinggi - Pendopo (Jalan Noerdin Pandji) Kabupaten Empat Lawang, Jum'at (11/1/2019).
Advertisement

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Hingga minggu kedua Januari 2019, kondisi jalan ambles di salah satu titik Jalan Poros Tebing Tinggi – Pendopo (Jalan Noerdin Pandji) Kabupaten Empat Lawang, masih belum ada upaya tindakan. 

Hal ini tentu sangat dikhawatirkan warga, pasalnya intentitas curah hujan belakangan semakin tinggi, membuat warga khawatir akses utama penghubung Kecamatan Tebing Tinggi sebagai Ibukota kabupaten dengan dengan Kecamatan Pendopo sebagai pusat perekonomian Kabupaten Empat Lawang, putus total.

“Memang, jika jalan ini putus total, masih ada jalan lain menuju Pendopo, yakni Jalan Provinsi melewati Kecamatan Talang Padang. Tapi, jarak tempuhnya beda jauh dengan jalan poros,” ujar Nging, salah seorang warga yang kebetualan melintas di lokasi, Jum’at (11/1).

Menurut dia, semestinya ada tindakan cepat mengatasi amblesnya jalan poros Kabupaten Empat Lawang ini. Sebab, jika benar-benar putus, tentu kondisinya akan semakin menyilitkan. “Iya kalau kondisi saat putusnya siang, kalau malam, bisa-bisa membahayakan para pengendara yang melintas, tau-tau sudah nyungsep kendaraannya,” cetusnya.

Hal senada juga disampaikan Budi, salah seorang warga setempat mengatakan, amblesnya salah salah satu titik jalan poros Kabupaten Empat Lawang ini, sudah berbulan-bulan lamanya. “Sedikit-demi sedikit, terus terjadi longsoran. Hingga saat ini kondisinya semakin parah,” imbuhnya.

Saat ini sebut dia, kondisi badan jalan yang beraspal hanya menyisah sekitar satu meter saja. Para pengendara terpaksa menggunakan bahu jalan di sisi tebingan yang tidak ambles untuk melintas.

“Saya berharap ini secepatnya ada tindakan. Sebab, jika curah hujan makin tinggi, bisa-bisa jalan akan benar-benar putus,” katanya.

Sebelumnya, saat dibincangi wartawan beberapa waktu lalu, Kasi Pemeliharaan Jalan pada Dinas PU dan Penataan Ruang Kabupaten Empat Lawang, Levi Juniansyah mengatakan, perbaikan jalan ambles di kawasan Jalan Poros Empat Lawang, tidak mungkin dilakukan pada tahun anggaran 2018. Pelaksanaan perbaikan hanya bisa dilakukan pada tahun anggaran 2019. “Sebab, tidak lagi ada anggaranya. Insya Allah kita prioritaskan 2019,” kata Levi.

Mengingat, perbaikan jalan ambles itu juga diperkirakan juga akan menelan anggaran cukup besar. Sementara anggaran untuk perbaikan dan pemeliharaan jalan kabupaten terbilang masih cukup minim.

“Mudah-mudahan, pada 2019 ada anggran yang cukup untuk kita pebaiki jalan itu,” tukasnya. (HS-05)