Jalan Desa di Kikim Area Rusak Parah

    138
    RUSAK : Kondisi kerusakan Jalan Desa Sukaraja Kecamtan Kikim Tengah, Kabupaten Lahat, Minggu (30/9/2018). Foto : Oci/HS.
    Advertisement

    Silampari Online,

    KIKIM AREA- Kondisi jalan menuju Desa Sukaraja Kecamatan Kikim Tengah, Kabupaten Lahat, di sejumlah titik banyak mengalami kerusakan cukup parah. Setidaknya ada sekitar 1 kilometer (km), kerusakannya cukup parah, hingga cukup dikeluhkan pengedara yang melintasi jalan teraebut.

    Salah seorang warga setempat, Anton menyebut, kerusakan jalan menuju desanya itu sudah cukup lama. Dia berharap pemerintah kabupaten (Pemkab) Lahat, dapat segera melakukan perbaikan jalan tersebut, karena merupakan akses satu-satunya menuju Tanjung Aur, yang merupakan pusat pemerintahan Kecamatan Kikim Tenggah.

    “Sekitar satu kilo yang rusak, kalau musim hujan jalannya licin, kalau musim panas jadi berdebu. Kami di Sukaraja berharap jalan ke desa kami ini dapat segera diperbaiki,” harap Anton saat dibincangi Harian Silampari, Minggu (30/9).

    Menurut Anton, cepatnya kerusakan jalan ke arah desanya ini, disamping memang sudah cukup lama dibangun, ini juga karena banyaknya lalu lalang kendaraan (truk) milik perusahaan yang mengangkut buah Sawit. 

    “Sekarang ini pihak perusahaan sudah membangun jalan sendiri, untuk membawa buah sawit dari perkebunan ke pabrik pengelolaan sawit, tapi itu belum difungsikan, karena belum selesai. Mereka saat ini masih melalui jalan desa kita ini,” ungkapnya.

    Sementara itu, Salah seorang pengendara, Abdul Karim mengatakan, kondisi jalan menuju Desa Sukaraja Kecamatan Kikim Tengah tersebut, sudah cukup memprihatinkan. Pengedara yang melintas di jalanan itu harus ekstra hati-hati jika tidak ingin terjerebab di jalannan yang berlobang.

    “Terutama kendaraan roda dua, kalau tidak hati-hati, bisa-bisa terjerebab di lobang tengah jalan dan alami kecelakaan,” ujarnya.

    Melintas di jalan Desa Sukaraja Kikim Tengah tersebut kata dia, serba salah. Jika ngebut takut lobang dan jika lambat takut dibegal. “Beginilah kondisinya, jalan ini satu-satunya akses menuju ke Desa Sukaraja atau sebaliknya,” imbuhnya.

    Selain jalan Desa Sukaraja Kecamatam Kikim Tengah, kata dia, kondisi kerusakan jalan juga terjadi di jalan menuju Desa Beringin Jaya Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat. Namun ketusakan jalan Desa Beringin Jaya, tidak separah di Desa Sukaraja.

    “Kerusakan jalan Desa Beringin Jaya, itu per-spot. Meski per-spot, kerusakan yang terjadi juga sangat parah. Saya berharap pemkab Lahat dapat segera memperbaiki jalan desa di Kikim Area,” pintanya. (HS-05)