Satu Untuk Semua

Kesbangpol Imbau Jangan Melayani LSM Tidak Terdata

Silampari Online,

MUSI RAWAS– Sedikitnya ada 63 Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) diwilayah Bumi Lan Serasan Sekentenan. Namun, dari jumlah tersebut 18 diantaranya habis masa berlakunya.

Kepastian ini disampaikan, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Kabupaten Musi Rawas (Mura) H Amra Muslimin kepada Harian Silampari, Kamis (8/11) diruang kerjanya.

Dijelaskannya, bahwa setidaknya ada 63 LSM dan Ormas yang terdaftar di Kesbangpol. Dimana, dari jumlah tersebut 18 diantaranya untuk diminta segera mengurus masa berlakunya kembali karena telah habis masanya.
“Dari 63 Ormas dan LSM yang kami data hanya ada 45 yang masih berlaku. Sedangkan, sisanya sudah habis masa berlakunya,”jelasnya.
Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa 18 Ormas dan LSM yang masa berlakunya habis antara lain, LSM Melati, Forum Gerakan Masyarakat Peduli Pembangunan dan Pertanian, Lembaga Peduli Pembangunan dan Pendidikan, LSM Kelestarian Adat Pemberdayaan Alam Lestari, Lembaga Pelatihan Pengembangan Pendidikan Pemuda Mura, LSM Generasi Tuah Negeri.

“Kemudian, Yayasan Haji Sabih Goenadjaya Dikoesoemah, Front Perlawanan Rakyat, Lembaga Dakwa Islam Indonesia, Lembaga Misi Perjuangan Aspirasi Rakyat Indonesia, Yayasan Mutiara Alquran, Persyarikatan Muhammadiyah, Forum Masyarakat HTI Menggugat, Lembaga Peduli Lingkungan Hidup, Asosiasi Kontraktor Nasional, Asosiasi Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Perdesaan Silampari, Yayasan Semai Rizki Indonesia, Organisasi Koperasi Buruh Indonesia Cabang Mura,”bebernya.

Menurutnya, bahwa dalam waktu dekat ini melalui tim terpadu pihaknya akan melakukan pendataan ulang Ormas dan LSM yang ada di Mura hingga diketahui berapa sebenarnya jumlah Ormas dan LSM yang masih ada berlakunya serta sudah legal yang terdaftar di Kesbangpol Kabupaten Mura.
“Rencana mengenai hal ini akan dirapatkan dalam waktu dekat ini. Sehingga, dengan begitu maka kami akan melakukan pendataan,”terangnya.
Selain itu, rencana akan melakukan perubahan khusus untuk di Kesbangpol mengenai ruangan khusus Standar Operasi Prosedur (SOP), seperti ruangan pelayanan jadi apabila ada Ormas dan LSM ingin berkoordinasi bisa langsung diruangan pelayanan.
“Ruangan pelayanan juga akan disediakan di Pemerintahan Daerah (Pemda) Mura kedepannya,”ucapnya.
Mengenai apabila ada Ormas dan LSM yang tidak terdaftar dan habis masa berlakunya. Maka Kiranya untuk segera mendaftar diri dan mengurus masa berlakunya dan pastinya akan dibantu melalui pembinaan,.?
“Apabila ada Ormas dan LSM yang melakukan pemerasan maka ini yang menjadi prioritas kita untuk dilakukan pembinaan bersama,”tuturnya.
Terlepas dari itu, untuk merubah tatanan itu dengan memberikan pembinaan, pastinya apabila ada Ormas, LSM dan Wartawan tidak terdaftar dan habis masa berlakunya jangan diterima.
“Intinya kedepan setiap dinas akan diberikan surat edaran (pemberitahuan) data Ormas dan LSM yang terdata dan masih masa berlakunya,”pungkasnya. (HS-03)

Komentar
Loading...