Koperasi Tidak Aktif Belum Bisa Dibubarkan

  • Whatsapp

Silampari Online

MUSI RAWAS- Dinas Koperasi dan Unit Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Musi Rawas (Mura) mencatat jumlah koperasi yang ada di Bumi Lan Serasan Sekentenan mencapai 682. Dimana, dari jumlah tersebut 137 diantaranya tidak aktif.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Mura, H Yamin Pabli melalui Sekretaris, Asron Arfinsie mengatakan, untuk jumlah koperasi yang ada di Mura mencapai 682. Namun, dari jumlah tersebut hanya 545 yang aktif atau beroperasi.

“Sedikitnya ada 137 koperasi yang tidak aktif atau tidak ada kegiatan dalam pengelolaan manajemennya,”jelas Asron kepada Harian Silampari, Kamis (11/7) di ruang kerjanya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa dikatakan tidak aktif karena koperasi tersebut tidak melaksanakan rapat anggota tahunan selama lima tahun berturut-turut.

“Disamping itu pengelolaan manajemennya juga tidak ada. Sehingga, koperasi tersebut dapat dibubarkan,”terangnya.

Menurutnya, kendati koperasi tersebut tidak aktif. Namun, saat ini belum bisa dibubarkan karena masih ada pinjaman melalui program seribu koperasi atau pinjaman lunak dengan mencapai miliaran rupiah.
“Kami masih menunggu sisa pinjaman dapat dilunasi. Namun, kendati begitu kita juga tidak bisa memaksa ataupun menempuh ke jalur hukum,”bebernya.

Mengenai jenis usaha koperasi yang aktif sendiri. Maka dirinya mengakui mayoritas koperasi plasma perusahaan dan sebagian simpan pinjam.

“Untuk koperasi yang aktif akan diusulkan untuk diberikan reward oleh Kementrian koperasi berupa uang pembinaan dan sertifikat,”paparnya.

Terlepas dari itu pihaknya berharap, dengan adanya koperasi ini maka ekonomi masyarakat dapat terbantu kendati sejak tahun 2017 lalu hingga kini tidak ada lagi dana pinjaman. Melainkan, hanya berupa rekomendasi untuk diberikan dana pinjaman ke perbankan. (HS-03)

banner 468x60