Satu Untuk Semua

KPU Masih Tunggu Bahan APK

15

Silampari Online,

LUBUKLINGGAU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau menjadwalkan pemasangan alat peraga kampanye (APK) dalam bulan Desember 2018 ini.

Saat ini KPU masih menunggu bahan APK itu sendiri. “Baru ada sebagian DPD yang baru masuk. Namun untuk bahan APK nya sendiri belum ada. Kalau sudah masuk baru kita serahkan,”kata Ketua KPU Lubuklinggau Lukman Hakim ketika diwawancarai Harian Silampari , Kemarin (4/12).

APK itu nantinya akan diserahkan kepada partai politik (Parpol) peserta pemilu,sehingga pemasangannya dilakukan oleh parpol itu sendiri .

“Sudah ada titik-titiknya , nanti parpol berkoordinasi dengan panitia pengawas kecamatan (PPK) dimana tempat pemasangan APK nya ,”terang Lukman .

Untuk lokasi pemasangan APK itu sendiri bukan berdasarkan setiap kelurahan , namun berdasarkan jalan. Hanya saja Lukman Hakim kurang hapal, berapa banyak APK dipasang dalam setiap jalan tersebut .

Namun Lukman memberitahukan larangan tempat dipasangnya APK, seperti di tempat fasilitas umum, kantor pemerintah , rumah sekolah , masjid , tiang listrik ,pohon atau jalur hijau.

“Yang jelas ,selain memang ada aturan dari KPU. Pemasangan APK juga harus mengacu kepada peraturan daerah (Perda) tentang keindahan tata kota,”ungkapnya .

Lukman sebenarnya membenarkan jika parpol memasang APK berdasarkan aturan politik . Ia memisalkan , APK dipasang di sepanjang jalan Garuda hitam . Namun jika dipasang secara berturutan sepanjang tersebut. Maka hal itu menganggu keindahan kota.

“Oleh karena itu kita (KPU) telah melakukan rapat koordinasi (rakor) dengan Bawaslu kota Lubuklinggau , membahas apa yang akan kita tegakkan , yang jelas kita akan pakai perda tentang tata kelola keindahan kota,”jelasnya.

Termasuk ,lanjut Lukman membahas tentang sticker yang ada di mobil-mobil/taksi. Dimana KPU sendiri akan berkerjasama dengan dinas perhubungan (Dishub) Kota Lubuklinggau.

“Yang mana mobil taksi ada sticker ,ada aturannya semua itu dalam penegakkan nya,”tegas Lukman.

Ditanyai eksekusi hal itu, KPU menunggu dari Pemkot ,Pol PP bersama Bawaslu . Dimana nanti akan ada rapat lanjutan pembahasan hal ini .

“Kalau rencananya diatas tanggal 12 desember ini nanti, baru penertiban ,” terangnya.

Mengenai bahan APK ,yang akan diserahkan ke parpol, Lukman mengakui ada baliho . Dimana APK hanya untuk parpol . Baliho itu nantinya akan memuat para calon legislatif (caleg).

“Baliho itu,ada gambar para caleg per daerah pemilihan masing masing,”pungkasnya.(HS-02).

Komentar
Loading...