Liburan Mesti Mengandung Edukasi

H Tamri Kadisdikbud Lubuklinggau

Silampari Online,

LUBUKLINGGAU – Usai pembagian raport Sabtu lalu (22/6), peserta didik mulai menjalani liburan sekolah.

Muat Lebih

Selama dua minggu lama nya, pelajar tidak akan menikmati kegiatan belajar mengajar, meskipun begitu Kepala Dinas pendidikan dan Kebudayaan Lubuklinggau H Tamri tetap menyarankan pelajar menyempatkan waktu untuk belajar di rumah.

“Harapan kita, walaupun menikmati libur, jangan habiskan waktu dengan bermain main saja, tapi sempatkan untuk tetap belajar,”ujar Tamri.

Lanjutnya, liburan juga tidak hanya harus menghabiskan waktu di rumah atau dengan menuju ke objek wisata, tapi bisa juga mengunjungi perpustakaan Kota Lubuklinggau, membaca buku, mengakses internet untuk kepentingan pengetahuan.

“Selain bersenang-senang, liburan hendaknya mengandung unsur edukasi, sehingga berimbang, happy dapat, ilmu juga dapat,”terangnya.

Kemudian lanjut Kadis bergelar doktor ini, orang tua juga mesti mengingatkan , jangan memberikan kebebasan yang berlebih, sehingga anak menjadi lupa waktu, dihabiskan hanya bermain.

“Sebenarnya, orang tua adalah guru terbaik bagi anak anak, karena waktu mereka paling banyak dihabiskan dengan orang tua, oleh karena itu, orang tua mesti mampu membimbing dan mengajarkan anak mereka dengan baik,”jelasnya.

Sementara itu, Rubiatun (45) salah seorang wali murid mengaku kalau anaknya usai bagi raport telah pulang ke dusun.

“Liburan di dusun lebih menyenangkan dari pada berdiam diri di rumah dan jalan-jalan sore tidak ada manfaat,”katanya tertawa.

Di dusun udaranya masih segar dan memberikan banyak manfaat untuk anaknya yang baru naik kelas 2 SMP. Selain itu, ingin lebih mendekatkan anaknya dengan keponakan keponakan.

“Kalau sudah dewasa, pasti akan jarang pulang ke dusun, saya manfaatkan saat ini saja,”terangnya.(HS-02)