Satu Untuk Semua

Lokakarya Mini Puskesmas Menentukan Bidang Kesehatan

Silampari Online,

MUSI RAWAS- Sedikitnya 60 petugas kesehatan yang tersebar di berbagai Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) mengikuti sosialisasi SOP Pelaksanaan Lokakarya Mini Puskesmas berbasis SPM Bidang Kesehatan. Sehingga, diharapkan dengan begitu maka ada kesinergisan pencapaian indikator SPM bidang kesehatan.

“Setidaknya ada beberapa indikator yang disampaikan dalam sosialiasi, diantaranya SPM Bidang Kesehatan, Kebijakan Akreditasi Pelayanan Kesehatan dan Penguatan Sistem Pencatatan dan Pelaporan (SP2TP),” jelas Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Hj Milpta Hulummi melalui Sekretaris, M Nizar kepada Harian Silampari, Rabu (16/5).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, untuk sosialisasi ini disepakati para KUPT Puskesmas dan Kepala Seksi dalam jajaran Dinkes dalam rangka sinergisitas capaian kinerja program kesehatan berbasis SPM Bidang Kesehatan. “Kegiatan ini sangat mendukung dalam mencapai program kesehatan kedepan. Sehingga, dengan begitu maka perlu adanya sinergisitas dalam mencapai indikator yang ada,” terangnya.

Menurutnya, selama ini pelaksanaan Lokakarya Mini belum berstandar sesuai Peraturan Mentri Kesehatan (Permenkes) 44/2016. Padahal, dari beberapa hasil penelitian melaporkan bahwa pelaksanaan Lokakarya Mini itu sangat bermakna peningkatan kinerja. Sehingga, dengan begitu inilah yang menjadi dasar proyek perubahan dirumuskan. “Lokakarya mini salah satu bentuk upaya untuk penggalangan dan pemantauan berbagai kegiatan melalui pertemuan lintas progra, memantau pelaksanaan kegiatan Puskesmas berdasarkan perencanaan dan memecahkan masalah yang dihadapi serta tersusunnya rencana kerja baru,” paparnya.

Mengenai program kerja (Proker) yang akan dicapai tahun ini. Maka dirinya mengakui disamping peningkatan pelayanan mutu kesehatan tentunya mempercepat penemuan penderita TB, penguatan PMO TB dan Posbindu Cerdik. “Kita harapkan setelah adanya kegiatan ini maka apa yang menjadi target kedepan tercapai baik program kerja Pusat, Provinsi dan khususnya Daerah dalam mendukung pencapaian Mura Sempurna kedepan,” ungkapnya.

Sementara itu, KUPT Puskesmas Sumber Harta, Evi Herlina menjelaskan, bahwa akan berupaya semakimal mungkin dan melakukan pembenahan serta evaluasi apa yang menjadi kekurangan dan kendala dalam mencapai mutu kesehatan kedepan sesuai tugas dan program yang ada.

“Perbaikan dan penyempurnaan pelayanan kesehatan bagi masyarakat akan diupayakan dapat meningkat. Apalagi, Puskesmas Sumber Harta sudah terakreditasi,”pungkasnya. (HS-03)

Komentar
Loading...